Text
Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MTs Negeri Tanjungtani Prambon Nganjuk tahun pelajaran 2011 - 2012
MUHAMMAD ANAS FAUZI, Dosen Pembimbing I Drs. M. Irfan Burhani, M.Psi dan Dosen Pembimbing II Ninik Zuroidah, M.Si.: PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI TANJUNGTANI PRAMBON TAHUN PELAJARAN 2011-2012”, Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam, STAIN Kediri 2012.
Kata kunci: Pola Asuh, Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa
Peran dan tanggung jawab orang tua sangat dibutuhkan dalam memberikan pendidikan dalam keluarga. Keluarga merupakan lingkungan kehidupan yang dikenal anak untuk pertama kalinya dan untuk seterusnya, anak banyak belajar di dalam kehidupan keluarga. Karena itu peranan orang tua dianggap paling besar pengaruhnya terhadap perkembangaan anak. Harapan setiap orang tua adalah menginginkan anaknya menjadi manusia yang berguna bagi agama, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, diperlukan pola asuh yang tepat dari orang tua supaya anak tidak terjerumus kedalam arus globalisasi yang berdampak negatif. Anak yang dibesarkan dengan pola asuh yang cenderung demokratis tumbuh dan berkembang menjadi anak yang bertanggungjawab, rasa percaya diri dan tidak merendahkan orang lain. Untuk meningkatkan motivasi anak dalam belajar, perlu ditunjang oleh faktor dari lingkungan keluarga. Karena tanpa adanya bimbingan dan arahan dari orang tua, maka anak akan semaunya sendiri dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pola asuh orang tua di MTsN Tanjungtani Prambon?. 2) Bagaimana motivasi belajar siswa di MTsN Tanjungtani Prambon?. 3) Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MTsN Tanjungtani Prambon?.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk deskriptif korelasi, dan merupakan penelitian populasi dengan menggunakan sampel yang diambil dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan datanya dengan metode angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1). Pola asuh orang tua di MTsN Tanjungtani Prambon tahun pelajaran 2011-2012 secara umum tergolong baik yang berpedoman pada true skor dengan rata-rata 155,66. 2). Motivasi belajar siswa di MTsN Tanjungtani Prambon secara umum tergolong baik yang berpedoman pada true skor dengan rata-rata 175.97. 3). ada pengaruh yang kuat antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MTsN Tanjungtani Prambon dilihat dari R Square pada uji regresi antara variabel X dan Y yaitu sebesar 0,195 atau 19,5%. Sedangkan koefisien korelasi antara variabel penerapan pola asuh demokratis dan motivasi belajar sebesar 0,441 atau 44%.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain