Text
Optimalisasi pemanfaatan internet dalam pengembangan ilmu pengetahuan siswa di MAN 3 Kediri
MUHAMMAD FAUZAN, Dosen Pembimbing Dr. ALI ANWAR M.Ag dan MUHAMMAD YASIN M.Pd.: Optimalisasi Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Siswa di MAN 3 Kediri, Pendidikan Agama Islmam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2012.
Kata Kunci: Pemanfaatan Internet, Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Internet tak dapat dipungkiri telah menjadi bagian kehidupan manusia. Keberadaan teknologi ini membuat komunikasi menjadi semakin mudah. Penggunaan internet pun telah merambah ke dalam semua aspek kehidupan manusia. Dalam dunia pendidikan, internet sudah banyak diterapkan. Walau sudah diterapkan, masih saja terdapat kekurangan dan salah sasaran sehingga pemanfaatan internet tidak optimal. Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi sekolah yang telah memiliki fasilitas internet. Dengan keberadaan fasilitas tersebut, siswa dapat menjelajahi samudera ilmu pengetahuan yang sangat luas. Sekolah dituntut untuk memanfaatkan internet dalam mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah. Untuk mencapai hal tersebut terlebih dahulu sekolah harus mempunyai sistem pengelolaan fasilitas secara baik. Setelah itu sekolah dapat memperkaya kegiatan pembelajaran secarara online untuk mengoptimalkan internet sebagai pendukung kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu, adanya fasilitas internet dapat meningkatkan kualitas sekolah dimata masyarakat. Penelitian ini bermaksud mengatahui pemanfaatan internet dalam pengembangan ilmu pengetahuan siswa di MAN 3 Kediri dan upaya MAN 3 Kediri untuk mengoptimalkan pemanfaatan internet dalam pengembangan ilmu pengetahuan siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Untuk tehnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun proses analis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang sudah ada, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan mengkategorikannya. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) bentuk pemanfaatan internet dalam pengembangan ilmu pengetahuan siswa di MAN 3 Kediri adalah penggunakan fasilitas search engine, web sekolah, blog, serta Facebook dan Twitter. Peran dan fungsi internet bagi siswa adalah membantu mengerjakan pelajaran yang belum dipahami, untuk mencari tugas, artikel, informasi seputar Iptek, dan lomba. Keberadaan Internet di MAN 3 Kediri tahun 2008 mulai memasang hot spot, siswa yang memanfaatkan internet mengalami peningkatan terus, siswa biasanya memanfatkan internet pada jam istirahat, jam kosong, dan pulang sekolah. 2) Usaha MAN 3 Kediri untuk mengoptimalkan pemanfaatan internet adalah membangun laboratorium komputer, menambah hot spot diseluruh area sekolah, menambah sambungan akses poin dititik yang paling banyak dipakai siswa, memperkaya pembelajaran online, dengan menumbuhkan budaya untuk mempublikasikan karya berupa tulisan, artikel, atau penelitian melalui blog, atau web pribadi oleh guru maupun siswa
Tidak tersedia versi lain