Text
Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2
SITI NUR LATHIFAH, Dosen Pembimbing Drs. Moh. Rois, MA dan H. Ilham Thohari, SH, M.HI: Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2012.
Kata Kunci: Pendidikan karakter, pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Kondisi pendidikan di Indonesia dinilai kurang berhasil. Padahal, pada hakikatnya tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian, dan akhlak mulia. Namun hal tersebut belum tewujud sepenuhnya. Hal ini mengindikasikan bahwa pendidikan karakter di Indonesia harus ditingkatkan, diantaranya dengan memaksimalkan fungsi mata pelajaran Pendidikan Agama dan mengintegrasikannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena pendidikan karakter yang efektif adalah bersumber dari agama dan agama merupakan bagian integral yang sangat penting dalam pendidikan nasional. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Kediri 2?, (2) Bagaimana cara mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Kediri 2?. Tujuan penelitian, (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Kediri 2, (2) Untuk mengetahui bagaimana cara mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Kediri 2.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Di mana kehadiran peneliti di lapangan sangat penting, karena sebagai pengumpul data dengan lokasi penelitian di MTsN Kediri 2. Prosedur pengumpulan data, yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, dan beberapa guru pendidikan agama Islam. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dihasilkan bahwa penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Kediri 2 adalah dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam silabus dan RPP, dengan uswatun hasanah, dan kajian keislaman. Kemudian cara mengintegrasikannya: nilai-nilai karakter dimasukkan dalam rencana pembelajaran baik silabus maupun RPP. Selanjutnya, nilai-nilai karakter tersebut disampaikan kepada peserta didik dengan harapan agar terealisasi dalam kehidupan sehari-hari. Dan secara keseluruhan, para peserta didik di MTsN Kediri 2 sudah berkarakter baik
Tidak tersedia versi lain