Text
Upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII melalui penilaian portofolio di SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2012
ELI YULIANA, Dosen Pembimbing Drs. Iskandar Tsani, M.Ag dan Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa KelasVII Melalui Penilaian Portofolio di SMP Negeri 2 mojo Kabupaten Kediri Tahun 2012.
Kata kunci: Prestasi belajar, Penilaian Portofolio.
Prestasi belajar adalah “penilaian pendidikan tentang kemajuan murid dalam segala hal yang dipelajari di sekolah yang menyangkut pengetahuan atau keterampilan yang dinyatakan dalam hasil penilaian”. Penilaian portofolio adalah “sebagai kumpulan hasil evidance atau hasil dari belajar atau karya peserta didik yang menunjukan usaha, perkembangan, prestasi belajar peserta didik dari waktu ke waktu pada mata pelajaran tertentu. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Melalui Penilaian Portofolio di SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2012. Dengan fokus penelitian: 1. Bagaimana upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII melalui penilaian portofolio di SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2012 ? dan 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII melalui penilaian portofolio di SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2012 ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenisnya adalah studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1. Upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII melalui penialain portofolio di SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2012 adalah: a) Menentukan penilaian yang disesuaikan dengan Setandar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), indikator, dan materi pokok yang sesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. b) Menentukan tujuan penilaian portofolio. c) Menentukan isi portofolio. d) Menentukan kriteria penilaian portofolio dan membedakan penilaian secara individu, kelompok kecil, kelompok besar. e) Menentukan format penilaian portofolio. 2. Faktor pendukung dan Penghambat dari upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2012 adalah: Faktor pendukungnya 1) Sumber Daya Manusia (SDM) dari pendidik yang bagus. 2) Tersedianya sarana dan prasarana serta fasilitas yang lengkap berbasis teknologi. 3) Input siswa yang berkualitas. 4) Suasana kelas yang bersih dan nyaman. Faktor penghambatnya: 1) Adanya sebagian tenaga pendidik atau guru yang masih memakai tehnik penilaian biasa (tradisional). 2) Adanya sebagian pendidik yang kurang memahami dalam penerapan tehnik penilaian portofolio pada saat proses pembelajaran. 3) Terbatasnya tempat penyimpanan untuk menampug hasil tugas dari semua siswa. 4) Perlunya ketelitian dan harus selektif ketika menilai hasil tugas dari semua siswa
Tidak tersedia versi lain