Text
Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulungagung
VINA RIADATHUL FITRI, Dosen Pembimbing Drs. MOH. IRFAN BURHANI M.Psi. dan HASAN BASRI, M.Ag. : Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tulungagung,Psikologi Islam, Ushuluddin dan Ilmu Sosial, STAIN Kediri, 2012.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar.
Banyak usaha yang di lakukan oleh para siswa untuk meraih prestasi belajar agar menjadi yang terbaik seperti mengikuti bimbingan belajar. Hal tersebut juga dilakukan oleh siswa SMPN 1 Tulungagung. Usaha semacam itu jelas positif, namun masih ada faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam mencapai keberhasilan selain kecerdasan ataupun kecakapan intelektual. Faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Karena kecerdasan intelektual saja tidak memberikan persiapan bagi individu untuk menghadapi gejolak, kesempatan ataupun kesulitan-kesulitan dalam kehidupan. Peneliti ini dilakukan di SMPN 1 Tulungagung dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional, tingkat prestasi belajar siswa dan hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMPN 1 Tulungagung, yang berjumlah 309 siswa. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 77 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah ramdom sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional dan hasil nilai raport siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kendall’s tau yang dibantu dengan program SPSS 15.00 for windows.
Dari hasil penilitian tersebut dapat diketahui bahwa; 1) Tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Tulungagung, dapat dikategorikan 2,6% siswa tergolong sangat tinggi, 27,3% siswa tergolong tinggi, 46,7% siswa tergolong sedang, 13% siswa tergolong rendah dan 10,4% siswa tergolong sangat rendah. Secara keseluruhan, tingkat kecerdasan siswa kelas VIII SMPN 1 Tulungagung tergolong tinggi, hal ini dapat dilihat dari hasil penyebaran skala dengan rata-rata sebesar 111,04. 2) Tingkat prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMPN 1 Tulungagung, dapat diketahui bahwa 98,7% siswa tergolong sangat baik dan 1,3% siswa tergolong baik. Sehingga siswa kelas VIII SMPN 1 Tulungagung siswanya dapat dinyatakan berprestasi sangat baik. 3) Terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMPN 1 Tulungagung dengan nilai rxy 0,503 dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMPN 1 Tulungagung. Selain itu korelasi kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar memberikan kotribusi sebesar 25,3% sedangkan sisanya yakni sebesar 74,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Tidak tersedia versi lain