Text
Implementasi stragei pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mengembangkan soft skills siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 tahun 2011/ Moh. Syafi'il Anam
MOH. SYAFI’IL ANAM, Dosen Pembimbing Dra. MU’AWANAH, M.Pd dan ILHAM TOHARI, SH, M.HI: Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching And Learning Dalam Mengembangkan Soft Skills Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 Tahun 2011, Pendidikan Agama Islam (PAI), Tarbiyah, STAIN Kediri, 2011.
Kata kunci: Implementasi, Strategi Pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL), Soft Skills.
Pengembangan soft skills merupakan kebutuhan yang penting dalam dunia pendidikan. Soft skills ini dapat dikembangkan menjadi lebih baik dan bernilai melalui proses pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning). Salah satu upaya yang tepat bagi pendidik adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang: Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL) Dalam Mengembangkan Soft Skills Siswa di MAN Kota Kediri 3. Dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dalam mengembangkan soft skills siswa MAN Kota Kediri 3? dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dalam mengembangkan soft skills siswa MAN Kota Kediri 3?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenisnya adalah studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) implementasi strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dalam mengembangkan soft skills siswa MAN Kota Kediri 3 adalah: Pertama, Dilakukan dengan bentuk atau kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning). Kedua, Pengembangan soft skill siswa di integrasikan disetiap mata pelajaran. Ketiga, Strategi pembelajaran kontekstual dapat mengembangkan soft skills siswa, meliputi: Kemandirian, Kepemimpinan, kedisiplinan, Ketrampilan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan, Kerjasama, Kreativitas dan pengembangan diri, motivasi dan kemauan belajar, dan berpikir kritis. 2) Faktor pendukung dari implementasi strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dalam mengembangkan soft skills siswa MAN Kota Kediri 3 adalah sumber daya manusia (SDM) dari pendidik yang mumpuni, tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap berbasis teknologi, input siswa yang berkualitas, adanya bentuk-bentuk pelatihan bagi peningkatan kualitas tenaga pendidik, adanya kegiatan pengembangan diri bagi siswa-siswi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya sebagian tenaga pendidik yang masih memakai pola pembelajaran konvensional, waktu pembelajaran yang kurang, masalah biaya (pendanaan), adanya muatan kurikulum yang masih menekankan pada hasil atau nilai bukan berorientasi pada proses pembelajaran, adanya sebagian guru yang kurang memahami dalam penerapan konsepsi strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dan pengintegrasian soft skills dalam pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain