Text
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN Tosaren I Kediri/ Istiharoh
ISTIHAROH, Dosen Pembimbing DRA. MU’AWANAH, M.Pd dan ISKANDAR TSANI M.Pd : Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SDN Tosaren I Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN, Kediri.
Kata kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah
Dalam suatu organisasi kepemimpinan sangat dominan bagi maju mundurnya suatu kegiatan, karena seorang pemimpin merupakan motor penggerak atau motivator bagi orang – orang yang dipimpinnya. Seorang pemimpin pendidikan tidak saja dituntut menguasai teori kepemimpinan, tetapi ia juga harus trampil menerapkan dalam situasi praktis di arena kerja. Dalam hal ini kepala sekolah, sebagai pemimpin harus mampu meningkatkan mutu pembelajaran disekolah yang dipimpinnya, agar tujuan yang dicapai dapat terwujud. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN Tosaren I Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Propinsi Jawa Timur. Dengan tujuan penelitian untuk mendiskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN Tosaren I Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Propinsi Jawa Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, pemilihan menjadi satuan-satuan tertentu serta membuat koding. Tahap akhir dari analisis data ini adalah mengadakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik antara lain ketentuan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN I Tosaren, adalah dengan cara (1) meningkatkan mutu guru, (2) mengusahakan sarana dan prasarana, (3) meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler dan (4) meningkatkan prestasi siswa.
Tidak tersedia versi lain