Text
hubungan anarata kompetensi sosial guru dengan motivsi belajar sisiwa kelas VIII di MTs Suna Kalijogo Kranding Mojo Kediri/ Zulia Nurus Sofa
ZULIA NURUS SOFA, Dosen Pembimbing Drs. M. IRFAN BURHANI, M.Psi dan NINIK ZUROIDAH, Msi,: Hubungan Antara Kompetensi Sosial Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa di MTs. Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah STAIN Kediri, 2011.
Kata Kunci: Kompetensi Sosial Guru, Motivasi Belajar Siswa
Kompetensi merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki guru agar tugasnya sebagai pendidik dapat terlaksana dengan baik. Dalam proses pembelajaran guru harus dapat membangkitkan motivasi belajar siswa, untuk itu hubungan sosial yang baik antara guru dan siswa sangat penting. Karena bilamana siswa dan guru tidak banyak kesempatan untuk saling mengenal dan sedikit komunikasi maka akan dapat melemahkan motivasi belajar siswa yang hal itu tidak bagus secara akademik. Peneliti bermaksud untuk mengetahui 1) Bagaimana kompetensi sosial guru kelas VIII di MTs. Sunan Kalijogo Kranding Mojo kediri? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri? 3) Adakah hubungan antara kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs, Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Sunan Kalijogo kranding Mojo Kediri yang berjumlah 249 siswa, sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 145 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Tehnik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan tehnik analisis datanya, karena data penelitian berdistribusi normal maka analisis datanya adalah menggunakan rumus “product moment”. Untuk uji signifikansinya menggunakan rumus uji t.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan 1) Kompetensi sosial guru kelas VIII di MTs. Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri tergolong baik dengan rata-rata 112,67. 2) Motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri tergolong baik dengan rata-rata 99.72. 3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri dengan nilai korelasi sebesar 0,503 yang termasuk dalam kategori cukup. Nilai ini menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru menyumbang 25,30% terhadap motivasi belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain