Text
Studi komparasi konsep pendidika islam dalam perspektif Al-Ghazali dan Prof.Dr. Hj. Zakiyah Daradjat/ Hilyah Ashoumi
HILYAH ASHOUMI, Dosen Pembimbing DRS. MOH ROIS MA. dan SAIFULLAH M.Ag.: Studi Komparasi Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Ghazali dan Prof. DR. Hj. Zakiah Daradjat. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2011.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana komparasi konsep pendidikan Islam dalam perspektif Al Ghazali dan Prof. DR. Hj. Zakiah Daradjat. Penelitian ini seluruhnya berdasarkan atas kajian pustaka atau studi literer. Karena penelitian ini tergolong penelitian pustaka atau literer, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu untuk memaparkan data tentang komparasi konsep pendidikan Islam dalam perspektif Al-Ghazali dan Prof. DR. Hj. Zakiah Daradjat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode dokumentasi sebagai alat pengumpul data yang utama. Dalam skripsi ini dipaparkan tentang konsep pendidikan Islam dalam perspektif Al-Ghazali dan Prof. DR. Hj. Zakiah Daradjat yang ditinjau dari: hakikat pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, pendidik (guru) dan peserta didik (murid), lingkungan dan tanggung jawab pendidikan Islam, serta materi-materi pendidikan Islam. Kemudian konsep antara kedua tokoh tersebut dikomparasikan.
Al-Ghazali merupakan salah seorang pemikir muslim atau intelektual muslim tingkat dunia yang tersohor sepanjang masa. Beliau tidak hanya seorang Filosof tapi juga seorang Sufi, tidak hanya seorang yang ahli dalam ilmu kalam tapi juga seorang Fuqoha’ yang masyhur. Dari background-nya sebagai guru besar Universitas Nidhamiyah yang mengikuti madhab Syafi’iyah dan madhab kalam al-Asy’ari yang memang sering memadukan dalil naqli dan ’aqli. Beliau juga dikenal sebagai pemikir pendidikan Islam. Prof. DR. Hj. Zakiah Daradjat seorang ahli ilmu jiwa agama yang berpegang teguh pada ajaran al-Qur’an dan al-Sunnah serta pemikirannya tidak bertentangan dengan keduanya. Selain sebagai seorang ahli ilmu jiwa agama, beliau juga sebagai pemikir dalam bidang pendidikan Islam. Hal ini dapat dipahami karena antara ilmu jiwa agama dengan ilmu pendidikan Islam erat kaitannya, bahkan tidak dapat dipisahkan. Prof. DR. Hj. Zakiah Daradjat merupakan seorang tokoh pembaru pendidikan Islam di Indonesia pada zamannya.
Komparasi konsep pendidikan Islam yang dikemukakan Al-Ghazali oleh dan Prof. DR. Hj. Zakiah Daradjat terletak pada pemaknaannya. Yang mana Al-Ghazali memaknai komponen-komponen pendidikan Islam secara umum dan global, sedangkan Prof. DR. Hj. Zakiah Daradjat sebaliknya, yakni lebih sempit atau lebih rinci.
Tidak tersedia versi lain