Text
Pengaruh kebiasaan bermain Game Online terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII reguler SMP Negeri 4 kota Kediri tahun 2010-2011/Ady Alfan Mahmudinata
ADY ALFAN MAHMUDINATA. Dosen Pembimbing I Moh. Yasin, M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Noer Hidayah, M.Si.: Pengaruh Kebiasaan Bermain Game online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Reguler di SMP Negeri 4 kota Kediri Tahun 2010-2011.
Kata Kunci: Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online, Prestasi Belajar.
Game online adalah wahana bermain baru bagi para remaja saat ini yang muncul di tengah-tengah lingkungan seiring dengan berkembangnya teknoogi. Di daerah perkotaan bermain game online sudah menjadi gaya hidup oleh sebagian besar para pelajar untuk sekedar mengisi waktu luang, mereka bahkan tidak mengetahui dampak negatif yang ditimbulkan oleh geme online seperti kecanduan dan lain sebagainya. Siswa yang memiliki kecenderungan ataupun terbiasa bahkan kecanduan untuk bermain game online merasa enjoi dan ingin selalu bermain mereka menjadi malas belajar dan mengerjakan tugas dari sekolah bahkan berani bolos sekolah, hal ini sangat berpengaruh negatif pada prestasi mereka dengan menurunya prestasi yang dicapai dan tidak optimalnya prestasi yang dicapai. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh kebiasaan bermain game online terhadap prestasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII reguler di SMP Negeri 4 kota Kediri Propinsi Jawa Timur.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 kota Kediri yang menjadi pengguna berjumlah 107 siswa. Sedangkan jumlah sampel dalam peneitian ini adalah dari jumlah populasi yang ada karena terjangakaunya jumlah populasi yang ada dengan mengambil tingkat kesalahan 5% maka jumlahnya adalah 97 sisiwa dari 107 siswa pengguna game online. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode observasi dan metode angket dengan menggunakan menggunakan model likert. Analisis korelasi dengan teknik statistik uji korelasi Kendall’s tau dikarenakan adanya ketidaknormalan distribusi data pada variabel X (kebiasaan bermain game online).
Hasil penelitian deskriptif mengungkapkan bahwa kebiasaan bermain game online mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas VIII reguler di SMP Negeri 4 kota Kediri Propinsi Jawa Timur berada pada kategori rendah (-0,234). Hasil analisis dengan koofisin penentu menunjukkan bahwa kebiasaan bermain game online memberikan sumbangsih negatif sebesar 5,47% terhadap prestasi belajar siswa yang menjadi pengguna game online pada kelas VIII di SMP Negeri 4 kota Kediri Propinsi Jawa Timur.
Tidak tersedia versi lain