Text
Penerapan metode pembelajaran Pendidikan Agama (PAI)pada kelas Akselerasi di SMA Negeri 1 Kediri/ Nur Ainin
NUR AININ, Dosen Pembimbing Drs. MOH. ROIS, MA dan H. ILHAM TOHARI, SH, M.HI: Meode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Kelas Akselerasi di SMA Negeri 1 Kediri, Pendidikan Agama Islam (PAI), Tarbiyah, STAIN Kediri, 2011.
Kata kunci: Metode Pembelajaran, Akselerasi.
Akselerasi merupakan sebuah kelas khusus bagi peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa dengan jangka waktu yang lebih cepat dalam menyelesaikan pendidikannya dibandingkan dengan kelas reguler pada umumnya. Tentunya para pendidik atau guru harus memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat, dari segi penyampaian materi-materi pada kelas Akselerasi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada kelas akselerasi di SMA Negeri I Kediri? 2) Apa saja faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada kelas akselerasi di SMA Negeri I Kediri? 3) Bagaimana solusi yang digunakan guru untuk mengatasi problem dalam penggunaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada kelas akselerasi di SMA Negeri I Kediri?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada kelas akselerasi di SMA Negeri I Kediri. 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada kelas akselerasi di SMA Negeri I Kediri. 3) Untuk mengetahui solusi yang digunakan guru untuk mengatasi problem dalam penggunaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada kelas akselerasi di SMA Negeri I Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian data tersebut di analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Kesimpulan hasil penelitian adalah: 1) Metode yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam pada kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Kediri adalah Metode ceramah, tanya jawab, hafalan, diskusi, cerita, presentasi, demonstrasi. 2) Faktor pendukung metode tersebut adalah keahlian guru dalam penggunaan dan pemilihan metode pembelajaran, sarana dan prasana pembelajaran yang lengkap, siswa akselerasi yang berkualitas, kecakapan siswa dalam penggunaan media dan teknologi pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu Kurangnya keahlian guru dalam penggunaan Teknologi Informasi (TI) dalam pembelajaran dan belum tersedianya peralatan khusus untuk praktik manasik haji. 3) Solusi yang digunakan guru untuk mengatasi problem dalam penggunaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada kelas akselerasi di SMA Negeri I Kediri yaitu dengan cara: Setiap guru diharuskan mengikuti kursus bahasa inggris dam pelatihan pembuatan power point dan karena belum adanya fasilitas untuk praktek manasik haji maka siswa ditunjukkan melalui CD tentang tata cara melakukan ibadah haji.
Tidak tersedia versi lain