Text
Peran kebijakan standarisasi nilai ujian nasional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTsN Kediri II Kota Kediri tahun 2010-2011/ Ahmad Nurkolis
AHMAD NURKHOLIS, Dosen Pembimbing I Drs. ISKANDAR TSANI, M.Ag dan Dosen Pembimbing II Dra. Fartika Ifriqia.M.Pd.: Peran Kebijakan Standarisasi Nilai Ujian Nasional dalam meningkatkan Motivasi belajar siswa MTsN Kediri II tahun 2010-2011, Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam , STAIN Kediri, 2010.
Kata kunci : Kebijakan Standarisasi nilai UN, Motivasi Belajar
Kebijakan standarisasi Nilai Ujian nasional (UN) di terapkan adalah sebagi bentuk evaluasi pendidikan, standarisasi nilai tersebut dewasa ini kita ketahui memang berubah-ubah, hal tersebut dikarenakan pentingnya penyesuaian tingkat kemampuan peserta didik yang perlu di kembangkan secara bertahap. Dan hal tersebut bisa di terapkan andaikata motivasi belajar peserta didik tersebut menempatkan tujuan belajar di luar faktor-faktor situasi belajar. Dengan fokus penelitian : 1) Bagaimana motivasi belajar siswa MTsN Kediri II, 2) Bagaimana Peran kebijakan Standrisasi nilai ujian nasional (UN) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTsN Kediri II tahun 2010-2011. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui Bagaimana motivasi belajar siswa MTsN Kediri II, 2) bagaimana Bagaimana Peran kebijakan Standrisasi nilai ujian nasional (UN) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTsN Kediri II tahun 2010-2011.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah partisipatori reserch, dengan demikian kehadiran di lapangan sangat sangat penting dan diperlukan secara optimal, lokasi penelitian ini terletak di MTsN Kediri II, adapun data yang peneliti dapatkan berasal dari hasil observasi dan hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru bidang studi yang di UNkan, dewan guru, siswa. Prosedur pengumpulan data yang peneliti pakai adalah observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data yang meliputi kegiatan pengurutan, pengorganisasian data, pemilahan menjadi satu-satuan tertentu, sintesis data, penemuan hal-hal yang penting dan dipelajari serta penentuan apa yang harus dikemukakan kepada orang lain.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Motivasi belajar siswa MTsN Kediri II meningkat secara umum bisa di lihat dari intensitas belajar, semangat mengikuti bimbingan belajar, hasil raport, dan hasil ujian nasional yang mereka peroleh pada tahun ini 2010-2011 dengan hasil lulus 100% 2) Peran kebijakan standarisasi nilai ujian nasional (UN) sangat erat kaitannya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTsN Kediri II tahun 2010-2011 karena tanpa adanya standarisasi dalam hal pendidikan maka suatu tujuan pendidikan tidak akan dapat tercapai tanpa adanya standarisasi yang jelas dan terus di tingkatkan. Selain hal tersebut kebijakan MTsN Kediri II juga berperan dalam meningkatkan motivasi belajar hal tersebut juga bisa di lihat dari kebijakan dalam mensukseskan UN tahun 2010-2011, serta standarisai yang di tetapkan sekolah dan juga hasil nilai-nilai Ujian Akhir Madrasah (UAM), try out yang telah di selenggarakan di MTsN kediri II.
Tidak tersedia versi lain