Text
Studi Korelasi antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI dengan prestasi belajar bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri/ Recy Fatihatur Risqi
RECY FATIHATUR RIZQI, Dosen Pembimbing IMRON MUZAKKI, M. Psi dan NINIK ZURAIDAH, M.Si: Studi Korelasi Persepsi Siswa tentang Keterampilan Menjelaskan Guru PAI terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2011.
Kata kunci: Persepsi siswa, keterampilan menjelaskan guru, prestasi belajar
Persepsi siswa atau penilaian siswa terhadap keterampilan menjelaskan guru adalah hal yang sangat penting, karena hal itu dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Sebagai pengajar atau pendidik, seorang guru harus membantu perkembangan anak didik untuk dapat menerima, memahami, serta menguasai ilmu pengetahuan. Guru sebagai salah satu pemegang utama dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Keberhasilan pendidikan dapat diukur dengan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru di dalam kelas. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki keterampilan menjelaskan dengan baik. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya keterampilan menjelaskan guru terhadap keberhasilan siswa,karena sebagian besar pembicaraan guru di ruang kelas adalah penjelasan-penjelasan bahan pelajaran yang diberikan kepada siswa. Maka bagaimana siswa mempersepsi atau menilai keterampilan menjelaskan guru akan dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Permasalahan yang akan diangkat dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri? 2) Bagaimana prestasi belajar bidang studi PAI siswa di SMP Negeri 2 Papar Kediri? 3) Adakah korelasi antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI terhadap prestasi belajar bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk deskriptif korelasional. Adapun populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Papar Kediri yang berjumlah 325, menggunakan sampel yang diambil secara simple random sampling sebanyak 175 siswa. Teknik pengumpul datanya dengan metode angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan pedoman dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus ”Kendall Tau”. Untuk uji signifikannya menggunakan rumus z.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri tergolong baik dengan rata-rata 222,01. 2) Prestasi belajar bidang studi PAI siswa di SMP Negeri 2 Papar Kediri tergolong baik dengan rata-rata 82,45. 3) Ada korelasi antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI terhadap prestasi belajar bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri yaitu ditunjukkan dari hasil perhitungan statistik yang menunjukkan nilai “r” sebesar 0,263,dan uji signifikansi pada taraf kesalahan 5% dengan menggunakan rumus uji “z” di peroleh zhitung sebesar 5,16, sedangkan ztabel sebesar 1,96. Jadi zhitung > ztabel. Jadi hipotesis kerja (Ha) di terima dan hipotesis nihil (Ho) di tolak. Korelasi antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru PAI terhadap prestasi belajar bidang studi PAI di SMP Negeri 2 Papar Kediri sebesar 6,91%.
Tidak tersedia versi lain