Text
Pelaksanaan Contextual Teaching and Learning dalam memahami konsepsi pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2010-2011/ Muhandoyo
MUHANDOYO, Dosen Pembimbing : Drs. H. M. Noer Hadi, M.Ag. dan Moh. Irfan Burhani, M.PSi : Pelaksanaan contextual teaching and learning dalam memahami konsep pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2010-2011
Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Konsep.
Contextual teaching and learning merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata anak dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan dunianya sendiri dengan demikian kemampuan siswa dalam menyerap dan memasukkan pelajaran ke dalam bank ingatan untuk ditampilkan kembali ketika diperlukan diharapkan dapat maksimal. Seperti yang dilakukan oleh guru SMA Negeri 2 Kediri yang menggunakan strategi pembelajaran contextual teaching and learning yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep pelajaran dengan mudah. Fokus yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana Contextual teaching and learning dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap pelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMA Negeri 2 Kediri dan Apa faktor pendukung dan penghambat Contextual teacing and learning dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap pelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMA Negeri 2 Kediri.
Jenis penelitiann ini adalah deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif sumber data utama pada penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui informasi, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai sejak pengumpulan data dilanjutkan dengan menggunakan analisis triangulasi. Tahap akhir yang dilakukan setelah mengecek keabsahan data adalah menyusun laporan penelitian berdasarkan kriteria dan syarat yang telah ditentulan oleh lembaga STAIN Kediri.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut : contextual teaching and learning dalam memahami konsep pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kediri berjalan dengan baik dan lancar dengan dibuktikan berdasarkan hasil ulangan harian siswa yang mayoritas tuntas secara klasikal berada pada skor 75 % serta mampu menuntaskan pelajaran secara individual mencapai skor di atas 80. Selain itu, dengan pendekatan ini siswa merasa senang, tidak bosan serta semangat belajar meningkat. Sedangkan faktor pendukung selain media yang lengkap juga ditunjang dari kesungguhan dan motivasi guru yang bagus, minat siswa, serta lingkungan sosial masyarakat sekolah yang nyaman dan mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masalah waktu yang kurang dan ketidakseriusan siswa dalam diskusi serta belum tersedianya laboratorium khusus keagamaan.
Tidak tersedia versi lain