Text
Pengaruh kedisiplinan dan strategi pembelajaran guru terhadap prestasi siswa di RSBI SDN Pare 1 tahun ajaran 2010-2011/ Istin Nurhayati
ISTIN NURHAYATI. Dosen Pembimbing Dra. MUNIFAH, M.Pd dan NINIK ZUROIDAH, M.Si.: Pengaruh Kedisiplinan dan Strategi Pembelajaran Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di RSBI SDN PARE 1 Kediri Tahun Pelajaran 2010-2011, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2011.
Kata kunci: Kedisiplinan, guru, Strategi Pembelajaran, Prestasi.
Kedisiplinan dan strategi pembelajaran guru hanya dimiliki oleh guru ketika mengajar dikelas. Hal ini sangat mempengaruhi prestasi siswa, dimana apabila strategi pembelajaran dan kedisiplinan dikelola dengan baik maka dapat diperoleh nilai raport yang baik. Untuk itu, perlu adanya keseriusan dalam menangani hal-hal tersebut agar tercipta proses belajar secara efektif dan efisien dengan nilai yang dapat dibanggakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kedisiplinan guru di RSBI SDN PARE 1 Tahun Ajaran 2010-2011? 2) Bagaimana strategi pembelajaran guru di RSBI SDN PARE 1 Tahun Ajaran 2010-2011? 3) Bagaimana prestasi belajar siswa di RSBI SDN PARE 1 Tahun Ajaran 2010-2011? 4) Adakah pengaruh kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar siswa di RSBI SDN PARE 1 Tahun Ajaran 2010-2011? 5) Adakah pengaruh strategi pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa di RSBI SDN PARE 1 Tahun Ajaran 2010-2011? 6) Adakah pengaruh kedisiplinan dan strategi pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa di RSBI SDN PARE 1 Tahun Ajaran 2010-2011?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk deskriptif korelatif, dan merupakan penelitian dengan menggunakan sampel dari populasi yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpul datanya dengan metode angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan pedoman dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus “regresi linear sederhana dan regresi linear berganda”. Untuk uji signifikannya membandingkan dengn F dan T tabel.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Kedisiplinan guru di RSBI SDN PARE 1 Tahun Ajaran 2010-2011 tergolong baik dengan rata-rata 57,12. 2) Strategi pembelajaran guru di RSBI SDN PARE 1 Tahun Ajaran 2010-2011tergolong baik dengan rata-rata 85,47. 3) Prestasi belajar siswa di RSBI SDN PARE 1 Tahun Ajaran 2010-2011 tergolong cukup dengan rata-rata 57,08. 4) Pengaruh kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar siswa di RSBI SDN PARE 1 Tahun Ajaran 2010-2011 dengan F 10,937 dan pengaruhnya sebesar 7,7% 5) Pengaruh strategi pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa di RSBI SDN PARE 1 Tahun Ajaran 2010-2011 dengan F 7,265 dan pengaruhnya sebesar 5,2%. 6) Pengaruh kedisiplinan dan strategi pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa di RSBI SDN PARE 1 Tahun Ajaran 2010-2011 dengan F 6,591. dan pengaruhnya 9,1%.
Tidak tersedia versi lain