Text
Metode pendidikan marxis sosial : antara teori dan praktik
Jangan Tuan terlalu percaya pada pendidikan sekolah. Seorang guru yang baik masih bisa melahirkan bandit-bandit yang sejahat-jahatnya, yang sama sekali tidak mengenal prinsip. Apalagi kalau guru itu sudah bandit pula pada dasarnya. Pramoedya Ananta Toer
Selama ini, apa pun yang berbau marxis akan selalu dihujat dan dianggap subversif. Padahal, marxis sebagai suatu paham tentu tidak beda dengan paham-paham lain yang memang ada plus-minusnya. Namun, karena represifitas penguasa yang hegemonik dan akibat dari trauma sejarah, tentu saja yang plus dari paham marxis ini pun ikut terkubur. Karena itu, upaya yang patut digali kembali dari marxisme ini adalah bagaimana mengambil yang plus dan tetap mengubur yang minus tersebut. Dan dalam konteks inilah buku ini hadir.
Buku ini berusaha untuk menggagas dan menjabarkan metode pendidikan sosialis-marxis yang menjadi counterpart bagi pendidikan yang dijajah oleh kapitalisme yang menggurita di berbagai penjuru dunia ini, termasuk juga di negeri ini. Dan gagasan utamanya adalah berusaha untuk menjelaskan secara objektif pola dan metode pendidikan marxis-sosialis dengan tanpa melihat berbagai hal negatif yang selama ini diprasangkakan terhadap sosialisme-marxisme sebagai imbangan atau tentangan terhadap kapitalisme yang memang menyenangkan di satu sisi dan menghancurkan di sisi lain. Oleh karena itulah, gagasan besar selanjutnya dari buku ini adalah berusaha mengampanyekan prinsip-prinsip pendidikan sosialis-marxis yang menjadi negasi dari prinsip-prinsip pendidikan di bawah hegemoni kapitalisme global yang menyengsarakan dan membuat tidak semua anak di negeri ini bisa mengenyam pendidikan secara layak.
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Sosiologi pendidikan : bahan terpilih bagi para mahasiswa pengelola dan pemikir pendidikan/ Sanapiah Faisal ; Nur Yasik | 0 | |
Sosiologi pendidikan | ed.2 | 0 |