Text
Pengaruh sikap siswa pada Ujian Nasional (UNAS) terhadap motivasi belajar siswa kelas IX di MTsN Tanjunganom Nganjuk/ Moch. Ibenu Hasim
MOCH. IBENU HASIM. Dosen Pembimbing Drs. MOH. IRFAN BURHANI, M.Psi dan IMRON MUZAKKI, M.Psi.: Pengaruh Sikap Siswa pada Ujian Nasional (UNAS) terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX DI MTsN Tanjunganom Nganjuk, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2011.
Kata kunci: Sikap siswa pada Ujian Nasional, motivasi belajar
Ujian nasional seringkali menjadi momok bagi siswa. Selama ini siswa memiliki pengetahuan dan konsepsi yang keliru tentang UNAS, sehingga mereka kurang tertarik untuk mempersiapkan UNAS dengan sebaik-baiknya. Dari pengetahuan dan konsep siswa tentang UNAS akan menimbulkan sikap yang berbeda pula. Siswa yang mempunyai pandangan baik atau positif terhadap UNAS, mereka akan termotivasi untuk belajar, begitu pula sebaliknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sikap siswa pada Ujian Nasional di MTsN Tanjunganom Nganjuk? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa di MTsN Tanjunganom Nganjuk? 3) Adakah pengaruh sikap siswa pada Ujian Nasional terhadap motivasi belajar siswa di MTsN Tanjunganom Nganjuk?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan merupakan penelitian populasi dengan menggunakan sampel yang diambil secara random sampling, yaitu sebanyak 181 responden. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah angket dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya dengan metode kuesioner/angket dan metode dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan rumus Kendall’ Tau ( ).
Berdasarkan perhitungan hasil penelitian yang dianalisis secara statistik dapat diketahui bahwa: (1) Sikap siswa pada UNAS di kelas IX MTsN Tanjunganom Nganjuk secara umum tergolong cukup dengan rata-rata 121,3978 dengan terdapat 15 siswa (8,3%) dengan sikap yang sangat baik, 40 anak (22,1%) dengan sikap yang baik, 82 siswa (45,3%) dengan sikap cukup, 31 siswa (17,1%) dengan sikap kurang, dan 13 siswa (7,2%) dengan sikap sangat kurang. (2) Motivasi belajar siswa kelas IX MTsN Tanjunganom Nganjuk secara umum tergolong baik dengan nilai rata-rata 133,4807 dengan terdapat 8 siswa (4,4%) dengan motivasi sangat tinggi, 50 siswa (27,6%) dengan motivasi tinggi, 73 siswa (40,3%) dengan motivasi cukup, 38 siswa (21%) dengan motivasi rendah dan 12 siswa (6,7%) dengan motivasi sangat rendah. (3) Koefisien korelasi antara variabel sikap dan variabel motivasi adalah berpengaruh dan pengaruhnya rendah dengan nilai sebesar 0,391 dengan koefisien penentu sebesar 15,29%. Dengan demikian hipotesis yang diambil adalah “Terima Ha” dan “Tolak Ho”.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain