School bullying adalah perlakuan yang tidak menyenangkan yang dialami oleh siswa di sekolah. School bullying memberi banyak sekali dampak buruk kepada siswa yang menjadi korban, yang secara structural menyebabkan kemunduran pendidikan nasional. Oleh sebab itu, school bullying menjadi masalah fundamental untuk segera diatasi. Praktik school bullying sebagai bentuk kekerasan di institusi pendidik…
Guru adalah ujung tombak di bidang pendidikan yang memiliki peranan sangat krusial dalam merespons arus globalisasi dan perkembangan zaman melalui proses pembelajaran yang dilakukannya. Guru bertugas tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik dan melatih; berperan mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tidak lupa membentuk karakter siswa dengan nilai-nilai luhur. Tugas dan peran yan…
Indeks Bibliografi : hlm. 241-251
Sekolah PAUD yang bermutu sangat bergantung dengan faktor-faktor pendukung yang bermutu pula. Salah satunya adalah Kepala PAUD. Dengan kata lain, di bawah kepemimpinan seorang kepala yang profesional, sekolah PAUD akan menjadi sekolah yang karena itu, peningkatan mutu dari seorang kepala PAUD menjadi sebuah keharusan. Buku ini memaparkan untuk Anda, khususnya kepala PAUD dan segenap pengurus PA…
Tujuan pendidikan tidaklah menghasilkan manusia-manusia yang cerdas akal saja, tetapi menghasilkan manusia yang cerdas akal sekaligus berbudi luhur. Hasil akhir pendidikan adalah manusia-manusia sempurna, yang kelak menjadi agen perubahan dan kemajuan agama, bangsa, dan negara.
Pembelajaran di pendidikan sekolah dasar secara khas berbeda dengan jenjang pendidikan yang lain. Karakteristik perbedaan terutama pada peran guru kelas, keterlibatan orang tua, dan aspek tahap perkembangan anak sebagai peserta didik. Karakteristik tersebut berimplikasi pada bentuk kegiatan layanan bimbingan konseling di sekolah dasar yang berbeda dengan sekolah lanjuta. Tujuan dari layanan …