Buku ini membahas sejarah peradaban islam. Mengajak para pembaca terutama umat islam untuk mengetahui tentang sejarah peradaban islam. Pembaghasan dimulai dari sejarah bangsa arab sebelum islam, kemudian menceritakan sejarah hidup Nabi Muhammad SAW, sejarah para khulafaurrosyidin, sejarah daulah Umayah, sejarah daulah Abbasiyah, perang salib, sejarah daulah Ayyubiyah, sejarah daulah Mamalik, se…
Buku ini ditujukan untuk para mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, dalam matakuliah Ilmu al-Lughah (Linguistik). Kajian buku ini adalah meotret Bahasa Arab melalui kaca mata linguistik umum. Mengkomparatifkan teori-teori linguistik umum dengan Bahasa Arab, khususnya antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Arab. Tujuannya adalah agar pembaca dapat melihat lebih jauh…
Buku ini difokuskan pada sejarah pendidikan Indonesia 1892 - 1920. Mengapa periode ini yang diangkat? Dikarenakan periode ini merupakan periode yang paling menarik sepanjang sejarah perkembangan pendidikan. Pada masa inilah terbentuk suatu sistem pendidikan yang lengkap, yang memungkinkan anak Indonesia belajar dari tingkat rendah sampai tingkat yang paling tinggi, walaupun haras ditempuh den…
Penulisan disertasi, tesis, skripsi, atau makalah seringkali Menguras pemikiran, kreativitas, tenaga, dan waktu, namun hasilnya kadang kurang memuaskan atau bahkan terhenti ditengah jalan. Untuk memulai penelitian saja tidaklah mudah. Penelitian sendiri selalu berusaha mencari hal-hal yang baru atau jika mungkin merintis jalan-jalan baru. Buku ini mengarahkan pembaca kepada teknik penulisan te…
Bab 1 pengertian dan asas-asas kurikulum Bab 2 asas-asas filosofis Bab 3 asas psikologis kurikulum dan psikologis belajar Bab 4 asas psikologis anak Bab 5 proses perubahan dan perbaikan kurikulum Bab 6 kurikulum dan masyarakat Bab 7 organisasi kurikulum Bab 8 menentukan scope dan sequence dalam pembinaan kurikulum Bab 9 mengubah kurikulum Bab 10 penutup
Menguasai asas-asas didaktik (pengajaran) belum menjamin seseorang menjadi guru yang baik. Keberhasilan mengajar juga dipengaruhi kemampuan dan pribadi guru sendiri, suasana kelas, hubungan antarmanusia disekolah, kurikulum, dan sebagainya. Akan tetapi, seseorang tidak akan menjadi guru yang baik ketika mengabaikan asas-asas didaktik. Buku ini mengarahkan guru atau calon guru mendidik secara…