Kurikulum 2013 hanya dapat diimplementasikan secara efektif oleh guru yang memiliki kompetensi serta memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Bagi Guru, Implementasi Kurikulum 2013 yang diberlakukan secara serempak tahun ajaran 2014 pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, bukan masalah suka atau tidak suka, juga bukan masalah senang atau tidak senang. Masalahnya: bagaimana guru da…
Kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah strategik. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen berbasis sekolah strategik dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Metode penulisan menggunakan metode library research (studi pustaka). Dari hasil pembahas…
Kebijakan perubaham kurikulum merupakan politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam pelaksanaannya seringkali dipolitisasi untuk kepentingan kekuasaan. Di sekolah: guru, kepala sekolah, pengawas dan peserta didik sangat berkepentingan, dan akan terkena dampaknya secara langsung dari setiap perubahan kurikulum, termasuk Kurikulum 2013
Buku ini mencoba menguraikan dan menganalisis secara praktis bagaimana Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004) tersebut dikembangkan dan diterapkan di sekolah. Untuk itu diperlukan banyak hal yang harus dipersiapkan oleh sekolah dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi termasuk reformasi sekolah (school reform).
Pembelajaran di sekolah ternyata sangat lambat dalam mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat. Banyak dari tradisi pembelajaran, mulai dari cara menyusun tempat duduk sampai keterikatan yang berlebihan pada aturan-aturan yang ditetapkan pemerintah berasal dari masa lalu ketika praktik-praktik tradisional tersebut masih didukung oleh masyarakat dan lingkungan kerj…
Membenahi profesionalisme guru adalah awal yang baik untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dalam rangka itulah buku ini diterbitkan. Di dalamnya diuraikan berbagai prinsip dasar, kompetensi, dan profesionalisme guru. Untuk merangsang sikap kreatif dan profesional tersebut, buku ini tidak hanya bicara masalah pencerdasan intelektual (IQ), tapi mencakup kecerdasan emosional (EQ), kreativitas (CQ), …
KTSP dalam implementasinya masih mengalami masalah dan hambatan, terutama bersumber dari persepsi yang berbeda di antara para pelaksana di lapangan (Kepala dinas, pengawas, kepala sekolah, dan guru), serta kurangnya kemampuan menerjemahkan standar nasional ke dalam Silabus, RPP, dan operasi pembelajaran. Oleh karena itu, untuk menyukseskan implementasi KTSP diperlukan informasi yang akurat, utu…
STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU Bangkitlah, bangkitlah guruku // Kehadiranmu tidak tergantikan. Biarlah dunia ini menjadi saksi: Kau bukan guru negeri // Kau bukan guru swasta Kau adalah GURU BANGSA! (Prof. Dr. H. Winarno Surakhmad, M.Sc., Ed.) Tampak dari judulnya, buku ini ditujukan pada guru. Misinya adalah membantu para guru menyangkut dua hal. Pertama, keniscayaan dimilikinya kompe…
Praktik PTK dapat mengangkat harkat dan martabat guru karena akan mempermudah dan memperlancar kenaikan pangkat dan jabatannya. Oleh karena itu, praktek PTK merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh para guru. buku ini menawarkan praktek PTK yang mudah, murah tapi berkualitas. mudah karena tidak harus melalui prosedur yang bertele-tele. murah karena tidak memakan biaya yang terla…