Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Komponen utuma dalam sebuah pembelajaran adalah peserta didik yang berkedudukan sebagai subjek belajar dan guru sebagai fasilitator pembelajaran. Komponen lain yaitu materi, metode pembelajaran, sumber belajar, serta sarana dan prasarana yang digunakan. Berbagai komponen terse…
Penyiapan sumber daya manusia yang memiliki daya saing tidak cukup hanya melalui kegiatan pembelajaran dengan strategi biasa. Tentu pembelajarannya harus menggunakan strategi khusus yang benar-benar memberikan skill, menanamkan karakter entrepreneur, dan mengarahkan peserta didik untuk menjadi seorang entrepreneur sedini mungkin. Dengan inovasi pembelajaran yang memadukan antara life skill dan …
Buku ini memuat strategi dan metode khusus untuk menciptakan kegiatan pembelajaran luar kelas (outdoor learning) yang menarik. Wujud dari pembelajaran menarik tersebut harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menangtang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkemb…
Apakah Anda mempunyai peserta didik yang sering tidak memerhatikan pelajaran Anda? Apakah Anda juga menemukan peserta didik yang sering tidur, bahkan membolos pada saat pelajaran? Jika ya, bisa jadi peserta didik yang demikian sedang kehilangan motivasi belajar. Lantas, bagaimana guru memperbaiki kondisi ini? Buku inilah solusinya. Buku ini berisi kiat-kiat jitu untuk membangkitkan motivasi pes…
Sebagai seorang guru, keterampilan pengelolaan harus anda miliki. Jika guru mampu mengelola kelas dengan baik, maka kegiatan pembelajaran dapat berlangsung efektif dan berkualitas. Dalam hal ini, kemahiran Anda sebagai guru untuk mengelola kelas sangat dibutuhkan. Buku ini membahas strategi-strategi khusus mengenai pengelolaan kelas. Bukan hanya berguna bagi guru buku ini juga sangat berguna b…
Tugas sebenarnya dari seorang guru adalah mendidik, bukan mengajar ,apalagi menghajar . Jadi , tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan agar siswa pandai ,tetapi juga menanamkan budi pekerti yang baik agar kelak mereka menjadi penerus bangsa , yang tidak hanya pandai ,cerdas , tetapi juga bermoral . Tidak mudah berprofesi dan berperan sebagai seorang guru . Beragamnya karakter peserta didik a…