Sebagai agama dakwah, Islam harus bisa dihadirkan secara bersahabat olch para pemeluknya. Sebab pada gilirannya upaya penyebaran pesan-pesan keagamaan itu harus mampu menawarkan satu alternatif dalam membangun dinamika masa depan umat, dengan menempuh cara dan strategi yang lentur, kreatif dan bijak. Sementara itu masyarakat yang menjadi sasaran dakwah, kini bukan lagi bentuk masyarakat yang va…
Iklan kecap ABC adalah produk yang diproduksi oleh PT. Heinz ABC Indonesia. Sebagai brand kebutuhan memasak kecap ABC mengemban tanggung jawab untuk kesetaraan gender di dapur. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai representasi yang terdapat dalam iklan kecap ABC di Youtobe versi "Mendukung Kesetaraan di Dapur di Hari Kesetaraan Perempuan" ini menggunakan pendekatan d…
Masyarakat Indonesia sangat menyukai tayangan yang menghibur salah satunya adalah sinetron. Sinetron saat ini selain untuk dijadikan hiburan, sinetron juga dapat memberikan informasi, serta pendidikan untuk masyarakat. Oleh karena itu, sinetron digunakan juga sebagai media untuk berdakwah. Peneliti memilih sinetron Dunia Terbalik untuk diteliti. Sinetron Dunia Terbalik mengandung nilai akhlak y…
Agama dianggap sebagai kebutuhan hidup setiap individu, maka manusia memerlukan penjelasan yang kongkrit untuk menerima pesan dakwah yang bersifat abstrak. Film merupakan media yang digunakan satu komunitas bernama Film Maker Muslim (FMM) sebagai strategi dalam dakwah. Tiga film diproduksi dengan judul “Pengantar Rezeki”, “Sang Ksatria Subuh”, dan “D…
Berlapang dada dan berbuat kebaikan kepada orang tua dalam hal perkataan, perbuatan, dan niat merupakan kewajiban bagi setiap anak. Sebagai umat Islam. kita wajib menjalankan perintah Allah tersebut. Untuk menyampaikan pesan dakwah berbakti kepada orang tua banyak media yang dapat digunakan, salah satunya adalah video klip. Video klip memiliki peran besar dalam penyampaian pesan dakwah melalui …
Film “Ketika Tuhan Jatuh Cinta” merupakan film bergenre religi yang dirilis pada tahun 05 Juni 2014. Film ini diadaptasi dari sebuah novel best seller dengan judul yang sama karya Wahyu Sujani. Film “Ketika Tuhan Jatuh Cinta” menggambarkan perjuangan seorang pemuda dengan latar belakang persoalan ekonomi dan masalah keluarga yang membelenggu. Kreativitas sutradara yang menyajikan f…
Jangan Menyerah merupakan Video Klip dari grup band d'Masiv yang dirilis pada bulan Juni tahun 2009 dengan album Special Edition (Mini Album) dan di Labeli oleh Musica Studio's, selain menjadi video klip terlaris di Indonesia. Berdasarkan latar belakang pemikiran tersebut maka penelitian ini bermaksud untuk mengetahui denotasi, konotasi dan mitos pada adegan video klip jangan menyerah d'masiv s…
Pesan dakwah merupakan gabungan dari dua suku kata, yaitu Pesan dan Dakwah. Pesan merupakan suatu kata-kata yang keluar dari mulut seseorang saat berbicara, pesan bisa berbentuk tersirat ataupun tersurat, bisa disampaikan secara langsung atau tidak langsung. Pesan memiliki wujud (physical) yang dapat dirasakan atau diterima oleh indra. Sedangkan dakwah adalah mengajak orang lian untuk melaku…