Buku ini akan mengkaji tentang persoalan hermeneutika yang digunakan oleh kelompok kontemporer dalam menafsirkan al-Qur’an. Kemunculan gagasan hermeneutika sebagai sarana membaca teks al- Qur’an itu lahir, ketika terjadi problematika dalam masyarakat Islam, yang dalam pandangan norma baru Barat, apa yang diyakini dan dipraktekkan ummat Islam tidak lagi sejalan dengan norma baru tersebut. No…
Penelitian ini dilaksanakan karena di zaman sekarang ini sudah banyak lembagalembaga atau instansi pendidikan umum baik lembaga Pendidikan Negeri dan lembaga swasta yang menambahkan mata pelajaran Tahfidz. SMA Muhammadiyah 1 Babat adalah salah satu dari lembaga formal yang menambahkan mata pelajaran Tahfidz sebagai wadah peserta didik agar menjadi penghafal al-Qur’an. Disini para siswa…
Pembelajaran al-Qur’an merupakan salah satu pembinaan yang diberikan kepada narapidana wanita. Tujuan adanya pembelajaran al-Qur’an yaitu membentuk akhlak para narapidana wanita. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini 1) Bagimana pembelajaran al-Qur’an di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kota Kediri? 2) Bagaimana implementasi pembelajaran al-Qur’an dalam rangka pembentuka…
ABSTRAK HINDUN MUSYAROFAH, Dosen pembimbing WAHIDUL ANAM, M.Ag dan ZAINAL FANANI, M.Pd.I.: Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Membaca Al Qur’an Pada Anak Kelompok TK B Taman Indria Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014. Kata Kunci: Media Kartu, Motivasi dan Prestasi…
ABSTRAK Cholidah, Syilvia Nor. Dosen Pembimbing Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag. dan Drs. Moh. Rois, MA.: Konsep Tarbiyah Dalam Prespektif al-Qur’an ( Telaah Surat Ash Shaffaat Ayat 100-111), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri,2014. Kata kunci : konsep, Tarbiyah, Al-Qur’an Al-Qur’an sebagai kitab suci, diyakini oleh seluruh muslim keabadian, keuniversalan, serta kebenarannya. A…
ABSTRAK Nurul Azizatul Ula, 2014. Dosen Pembimbing Wahidul Anam, M. Ag. dan Saifullah, M. Ag.: Problematika Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode ‘Usmani Tahun 2014 studi di Pondok Pesantren Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014. Kata kunci: metode ‘Usmani, pembelajaran Al-Qur’an. Metode ‘Usmani dalam pembelajaran Al-Qur’an…
ABSTRAK AINUL ARDHINA, dan Dosen Pembimbing I: Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag., Dosen Pembimbing II: Dr. Mu’awanah, M.Pd.: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Baca AL-Qur’an Siswa SMP Plus Isyhar Prambon Nganjuk, Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam, STAIN Kediri 2014. Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Minat Baca Al-Qur’an Pada era globalisasi ini banyak sekali pe…
ABSTRAK Nahrowi, Dosen Pembimbing: Dr. Mu’awanah, M.Pd. dan Saifullah, M.Ag. Meningkatkan motivasi belajar kelas IV di SDN Bendo dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pokok bahasan membaca surat-surat Al-Qur’an melalui metode diskusi kelompok kecil tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci; Meningkatkan Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Membaca Surat-Su…
ABSTRAK SITI ROFI’ATUL MU’ALLIMAH, Dosen Pembimbing WAHIDUL ANAM M.Ag dan AHMAD TAUFIK S. Ag M.Si.: Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII Di Mts. Sunan Gunung Jati di Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2014. Kata Kunci: Up…