Text
Peran potongan harga terhadap keputusan pembelian muslim di Indomaret Supersemar Ngronggo Kota Kediri
Dalam menjalankan suatu bisnis salah satu pertimbangan yang sangat mendasar adalah berhubungan erat dengan menjaga kelangsungan hidup usahanya untuk mewujudkan keunggulan atau kemajuan secara berkelanjutan. Dalam lingkungan usaha yang penuh perubahan dan tidak terduga, perusahaan mempunyai tantangan. Terutama ketika suatu bisnis dihadapkan dengan para pesaing atau bisnis-bisnis lain yang sejenis. Untuk memenangkan persaingan bisnis memerlukan upaya yang harus dilakukan baik dari segi bersaing, produk, harga, promosi dan pelayanan kepada pelanggan. Indomaret ada untuk memenangkan persaingan dan meningkatkan keputusan pembelian. perusahaan selalu melakukan strategi-strategi, salah satunya adalah strategi harga dan promosi. Dimana strategi harga mempunyai pengaruh yang cukup signifikan untuk mempengaruhi pengunjung/konsumen untuk melakukan pembelian. Salah satu strategi yang menarik adalah pemberian potongan harga sebagai bagian dari promosi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran potongan harga terhadap keputusan pembelian konsumen muslim indomaret super semar ngronggo kota kediri.
Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi ke lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif dengan membuat gambaran sistematis dan aktual.
Hasil penelitian ini adalah: a) dalam upaya memberikan potongan harga pihak indomaret telah mengkaji untuk penetapan harga yang murah, serta penawaran promo-promo yang diberikan setiap minggunya dengan produk yang berbeda-beda disetiap promonya menjadikannya sebagai pilihan konsumen berbelanja diindomaret. b) adapun keputusan pembelian konsumen dilatarbelakangi oleh kebutuhannya sendiri serta faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen adalah kebudayaan, sosial, psikologis dan tahap keputusan pembelian adalah pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, perilaku pasca pembelian. c) potongan harga berperan baik terhadap keputusan pembelian konsumen dalam hal ini produk yang ada potongan harganya paling diminati oleh sebagian besar konsumen indomaret.
Tidak tersedia versi lain