Text
Analisis lokasi pasar dalam meningkatkan volume penjualan (studi kasus pedagan pakaian di Pasar Kertosono)
Kehidupan manusia tidaklah terlepas dari usaha-usaha ekonomi, di mana usaha ekonomi merupakan tanda-tanda adanya kehidupan. Semakin maju kebudayaan mengakibatkan tingkah laku perekonomian akan semakin sulit dan rumit. Pasar sangatlah penting dalam kegiatan perekonomian yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mencapai kepuasan dalam proses transaksi ekonomi berupa barang dan jasa. Pasar Kertosono adalah pasar yang terbesar kedua setelah Pasar Wage Nganjuk. Pasar Kertosono adalah pasar pertama di Kabupaten Nganjuk yang dilakukan relokasi, relokasi ini terjadi karena pasar beserta lapak-lapak pedagang Terbakarnya pasar Kertosono berimbas dipindahnya lokasi pasar atau relokasi pasar, lokasi pasar baru berjarak kisaran satu kilometer dari pasar lama dan dari relokasi tersebut mengakibatkan berubahnya tatanan dan lapak bagi para pedagang. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk melakukan penelitian dengan memfokuskan penelitian 1. Bagaimana lokasi pasar Kertosono kabupaten Nganjuk pasca relokasi? 2. Bagaimana analisis lokasi Pasar Kertosono terhadap volume penjualan pedagang pakaian di Pasar Kertosono pasca relokasi?
ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan dalam mencari data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara ditujukan kepada pedagang pakaian di pasar Kertosono, agar didapat sebuah informasi mengenai lokasi pasca relokasi di pasar Kertosono. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Hasil penelitian didapat bahwa, lokasi terlalu menjorok ke belakang atau tempat pasar yang baru kurang strategis,pasar Kertosono pasca relokasi lebih kecil dari pasar terdahulu dan berimbas pada lapak lapak pedagang juga mengalami penyempitan sehingga tampilan pada lapak pedagang pakaian kurang menarik pengunjung volume penjualan pasca relokasi mengalami penurunan volume penjualan.
Tidak tersedia versi lain