Text
Hubungan antara prestasi belajar Akidah Akhlak dengan perilaku dalam menghormati guru oleh siswa kelas VIII di MTs. Sunan Ampel Siman Kepung Kediri
Tercapainya tujuan pengajaran salah satunya dapat dilihat dari prestasi belajar yang diraih siswa. Dengan prestasi yang tinggi, para siswa mempunyai indikasi berpengetahuan yang baik. Ini berarti bahwa keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan bergantung kepada seberapa efektif suatu proses pembelajaran di sekolah. Lili Sriyanti mengatakan bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal berupa faktor sosial dan nonsosial. Sedangkan dalam faktor internal terdapat faktor fisiologis dan psikologis. Dalam faktor psikologis terdapat sikap yang dapat mempengaruhi prestasi belajar tersebut. Bagaimana sikap murid terhadap guru ini juga mempengaruhi Murid yang benci terhadap gurunya tidak akan lancar belajarnya. Sebaliknya apabila murid suka pada gurunya tentu akan membantu belajarnya. Perilaku siswa memiliki peranan yang penting karena akan menjadi penggerak siswa bertindak, jika siswa berperilaku positif kepada guru, maka tindakan yang muncul juga lebih positif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian deskriptif asosiatif atau hubungan. Analisis data yang digunakan adalah penelitian korelasi sederhana dan korelasi ganda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, observasi, prestasi belajar Akidah Akhlak dengan perilaku dalam menghormati guru. Dalam penelitian ini populasi siswa Mts Sunan Ampel Siman Kepung Kediri sebanyak 396 siswa dengan sampel kelas VIII sebanyak 137 siswa.
Tidak tersedia versi lain