Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh variasi mengajar guru dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Nurul Islam Kota Kediri

UMI NAFI'AH - Nama Orang;

Gaya belajar merupakan bentuk dan cara belajar siswa yang paling disukai yang akan berbeda antara yang satu dengan yang lain. Penggunaan Variasi pembelajaran ini guna untuk keanekaan yang membuat sesuatu agar tidak monoton. Variasi dapat berwujud perubahan-perubahan atau perbedaan-perbedaan yang sengaja diciptakan untuk memberi kesan yang unik dan menarik perhatian siswa pada pembelajaran. Dengan demikian kita sudah mengetahui betapa pentingnya pendidikan, terutama pendidikan agama salah satunya bidang studi Fiqih.

Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam skripsi iniyaitu: 1) Bagaimana variasi mengajar guru mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri? 2) Bagaimana gaya belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri? 3) Bagaimana hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri? 4) Bagaimana pengaruh variasi mengajar guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih iqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri? 5) Bagaimana pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata

pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri? 6) Bagaimana pengaruh variasi mengajar guru dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran

fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri?

Penelitian ini untuk mencari pengaruh mengenai variasi mengajar dan gaya terhadap hasil. Sampel penelitian ini sebanyak 84 siswa. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Analisis data statistik menggunakan rumus Regresi Sederhana.

Hasil dari penelitian ini, yaitu: (1) variasi mengajar guru di MTs Nurul Islam Kota Kediri tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian mean (rata-rata) sebesar 131.11 yang berpedoman pada true score. (2) gaya belajar di MTs Nurul Islam Kota Kediri tergolong sedang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian mean (rata-rata) sebesar 128.29 yang berpedoman pada true score.(3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri tergolong sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan penelitian mean (rata-rata) sebesar 83.36 yang berpedoman pada true score.(4) terdapat pengaruh variasi mengajar guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan uji signifikan dengan hasil sebesar 0,036 dan hasil tersebut lebih rendah daripada 0.05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak.Ha: terdapat pengaruh yang signifikan antara variasi mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri. Ho: tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara antara variasi mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri. (5) tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan uji signifikan dengan hasil sebesar 0,066 dan hasil tersebut jauh lebih tinggi daripada 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha ditolak dan Ho diterima.Ha: tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri. Ho: terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri. (6) Hasil dari penelitian ini terkait pengaruh variasi guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa menemukan Angka R didapat 0.298 menunjukkan bahwa variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa berhubungan dan memiliki tingkat korelasi yang lemah. Persentase sumbangan pengaruh variabel variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 8.9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian model regresi ini. Karena Fhitung Ftabel(3.951 > 3.110) dan nilai signifikansi < 0.05 (0.023 < 0.05) maka Ho ditolak atau dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS PAI-20 060
2021060
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-20 060
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2020
Deskripsi Fisik
xvii, 83 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-20
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Hasil belajar
Gaya Belajar
Variasi Mengajar
Info Detail Spesifik
A
Pernyataan Tanggungjawab
Skripsi Mhs. S1 (NIM. 932130515)
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?