Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android X-Vector untuk memfasilitasi pemahaman konsep berpikir siswa

IFFATUR ROFIQOH - Nama Orang;

Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang dipelajari peserta didik mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Tujuan pembelajaran matematika menjawab persoalan yang ditemui peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Meski demikian, masih banyak peserta didik yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, sehingga dibutuhkan solusi untuk membuat pembelajaran matematika menjadi lebih nyata dan dekat dengan siswa, salah satu alternatif solusi adalah melalui media pembelajaran

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis android berjudul X-Vector pada materi vektor dengan sasaran siswa kelas X. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan software Construct 2 dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap pokok, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli, angket praktisi, angket respon siswa, dan soal pemahaman konsep untuk siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk adalah sangat layak dengan presentase skor 95,17% berdasarkan ahli media dan 86,84% berdasarkan ahli materi. Berdasarkan hasil uji coba, media dikatakan efektif karena 86% dari seluruh subjek uji mendapatkan nilai di atas KKM, serta hasil angket menyatakan bahwa media memperoleh skor 78,19% dalam kriteria cukup efektif untuk memfasilitasi pemahaman konsep berpikir siswa. Tingkat kepraktisan media adalah 85% dalam kategori sangat praktis menurut praktisi lapangan dan memperoleh skor 80,57% dalam kategori cukup praktis berdasarkan angket respon siswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran X-Vector memenuhi aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dalam memfasilitasi pemahaman konsep berpikir siswa


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS TM-21 019
2123019
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS TM-21 019
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 55 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS TM-21
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Media pembelajaran
Pemahaman konsep
Aplikasi android
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Skripsi Mhs. S1 (NIM. 932300617)
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?