Text
Pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama (SMP)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Self-Efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif-korelasional. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Pagedangan. Sampel dalam penelitian dipilih sebanyak 42 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh merupakan hasil dari isian angket siswa dan tes uraian melalui media google form. Hasil Penelitian ini menunjukan Self-efficacy berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa SMA secara signifikan dengan pengaruh sebesar 61%. Penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi pendidik, atau penentu kebijakan di bidang pendidikan agar memberikan perhatian lebih terhadap ranah afektif yang dalam hal ini adalah Self-Efficacy ketika melakukan kegiatan pembelajaran matematika, guna meningkatkan pencapaian hasil pembelajaran matematika yang lebih optimal.
Tidak tersedia versi lain