Text
Pengembangan media pembelajaran Autoplay Media Studio untuk meningkatkan minat belajar statistika siwa SMP Islam Kepung
Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Islam Kepung tergolong masih konvensional, terlebih ada mata pelajaran matematika. Hal tersebut membuat minat belajar siswa terhadap mata pelajaran ini menjadi rendah. Pelajaran ini dirasa membosankan sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar. Siswa memilih tidur dikelas atau bicara sendiri dengan teman sebangku darı pada mendengarkan guru mengajar, hal tersebut membuat kegiatan belajar tidak berlangsung secara optimal. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti mengembangkan media pembelajaran menggunakan autoplay media studio dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika materi statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan Reserch and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development implmentation dan evaluation, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Kepung yang berjumlah 35 siswa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menujukkan bahwa media pembelajaran menggunakan autoplay media stadio telah memenuhi syarat dan dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut di lihat darai hasil validasi oleh media di peroleh 45 dan 46. Sedangkan hasil validasi ahli meteri memperoleh43 dan 40. Kemudian hasil validasi ahli kepraktisan 42 berdasarkan kepraktisan media. Berdasarkan validasi angket minat belajar siswa sebesar 26 Berdasarkan ahli media, media pembelajaran ini tergolong dalam kategori sangat baik sedangkan menurut ahli materi tergolong dalam baik dan menurut ahli kepraktisan tergolong dalam baik kemudian menurut hasil validasi angket minat belajar siswa kategori dalam sangat baik. Hasil penggunaan media pembelajaran menggunakan autoplay media studio ini terbukti dapat meningkatkan media pembelajaran. Hal ini dari nilai t adalah -35,499 dan p (sig(2-tailed)) adalah 0,000. Level signifikan (a) yang digunakan adalah 0,05. Karena p < a maka signifikan, berarti terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah, dari mean 44,29 menjadi 70,63. Dengan kata lain nilai minat belajar siswa sesudah treatment lebih tinggi di bandingkan dengan minat belajar siswa sebelum treatment. Maka pembelajaran matematika menggunakan pengembangan modis autoplay mesha stadio dapat meningkatkan minat belajar siswa
Tidak tersedia versi lain