Text
Pengembangan video pembelajaran pada materi trigonometri berbasis Problem Based Learning (PBL)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran dari validator, keefektifan serta kemenarikan dari peserta didik terhadap pengembangan video pembelajaran pada materi trigonometri berbasis problem based learning (PBL) untuk kelas X SMAN 1 Ngadiluwih. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengembangkan video dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan langkah-langkah: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik SMAN 1 Ngadiluwih dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, uji kemenarikan dan uji efektifitas terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa video pembelajaran pada materi trigonometri berbasis problem based learning (PBL) untuk siswa SMAN 1 Ngadiluwih yang menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk adalah sangat layak dengan persentase skor 89% berdasarkan ahli materi dan 90% berdasarkan ahli media. Tingkat kepraktisan media adalah 78% dengan kategori sangat praktis menurut praktisi lapangan dan berdasarkan uji coba skala kecil dengan skor 75% serta uji coba skala besar memperoleh skor 79% berdasarkan angket respon siswa. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran pada materi trigonometri berbasi problem based learning (PBL) memenuhi aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dalam memfasilitasi proses pembelajaran siswa.
Tidak tersedia versi lain