Text
Pengembangan media Lectora Inspire pembelajaran berbasis masalah pada materi fungsi untuk mengakomodasi literasi metematika siswa SMP
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran lectora inspire pembelajaran berbasis masalah pada materi fungsi mengakomodasi literasi matematika. Penelitian ini menghasilkan untuk (1) media pembelajaran yang mengakomodasi literasi matematika pada materi fungsi tingkat SMP sederajat, (2) tingkat kelayakan dan tanggapan siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Model penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) dengan tipe penelitian yan berkonsentrasi pada rancangan dan evaluasi produk atau program tertentu yang menggunakan model ADDIE. Prosedur pengembangan meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTsN 6 Nganjuk kelas VIII sebanyak 20 orang dengan 6 orang untuk uji coba kelompok kecil dan 20 orang siswa untuk uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data observasi, angket dalam mengukur kelayakan media dari ahli materi, media, ahli pembelajaran, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Adapun hasil yang diperoleh ahli materi dengan skor persentase 94% berkualifikasi sangat layak, ahli media dengan skor persentase 86% dengan kualifikasi layak dan angket respon siswa dalam uji coba kelompok kecil 84% dengan kualifikasi sangat baik dan 86% dengan kualifikasi sangat baik untuk uji coba kelompok besar. Secara kualitatif beberapa masukan yang diberikan oleh validator ahli
Tidak tersedia versi lain