Text
Efektivitas pembelajaran berbasis e-learning di MI Sabilun Najah Gudo Jombang
Pendidikan masa sekarang sangatlah identik dengan teknologi-teknologi yang canggih dan inovasi yang beragam. Di mulai dari penggunaan buku manual hingga penggunaan notebook sebagai media tulis untuk melakukan proses pembelajaran, dengan begitupula inovasi pengembangan Internet dapat digunakan untuk mengefesienkan waktu dan tempat. Agar seorang pelajar dapat menyerap ilmu yang di ajarkan oleh tenaga pengajar Dalam prosesnya e-learning sebagai media pembelajaran jarak jauh yang menciptakan karangka berpikir baru manusia tentang pembelajaran konvensional dengan pembelajaran berbasis internet (elearning). Dengan penggunaan e-learning tersebut guru akan lebih berperan sebagai "fasilatator" dan siswa sebagai "siswa" dalam proses belajar mengajar. Guru dituntut untuk mampu menciptakan teknik mengajar yang baik, menyajikan ajar yang menarik sementara siswa dituntut untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar. Rumusan masalah ini adalah: 1) Bagaimana konsep penerapan elearnig dalam pembelajaran di MI Sabilun Najah Jombang. 2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan penerapan e-learnig dalam pembelajaran di MI Sabilun Najah Jombang, 3) Bagaimana Efektivitas pembelajaran berbasis e-learning di MI Sabilun Najah Jombang
Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati dari orang (subyek itu sendiri). Penelitian kualitatif dilakukan dalam situasi yang wajar (natural setting) dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dengan cara berbagai metode yang ada.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa 1). Knsep pembelajaran berbasis e-learning di Ml Sabilun Najah terbia menjadi tiga aspek yaitu aspek penyusunan materi, aspek penyampaian materi dan aspek evaluasi materi. 2) dengan e-learnig memudahkan melakukan interaksi kmunikasi dalam proses kegiatan mengajra namun juga terdapat kendala dengan konektivitas yang tidal stabil, kesulitan penerapan e-learning pada mata pelajaran tertentu sperti bahasa 3) penerapan e-learning di MI Sabilun Najah belum dapat di terapkan dengan maksimal karena terdapat faktor penghambat yakni konektivitas jaringan internet tidak stabil dan ketersedian gawai yang belum merata. Sehinnga sangat berpengaruh pada proses pembelajaran untuk dapat di akses oleh peserta didik.
Tidak tersedia versi lain