Text
Implementasi strategi pemasaran Sun-Tzu di Bank Syaria Indonesia (BSI) Cabang Kediri perspektif pemasaran syariah
Ketika berbicara mengenai Strategi Pemasaran Sun-Tzu (SPS) sangat erat hubungannya dengan dunia kemiliteran karena Sun-Tzu adalah seorang Panglima Jenderal Militer di China dan ahli strategi. Strategi merupakan salah satu cara atau siasat untuk mencapai suatu tujuan dengan mudah, elegan dan rapi. Artinya Strategi Pemasaran Sun-Tzu (SPS) yang diterapkan di kemiliteran bukan hanya digunakan di kawasan militer saja, tapi bisa digunakan dalam konteks politik, bisnis dan pemasaran (marketing). Peneliti akan mempertegas kembali mengenai seni perang (pemasaran) Sun-Tzu berdasarkan data dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bahwa ajaran Sun-Tzu tidak hanya dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran di akademi militer, tetapi juga dipergunakan di berbagai bidang mulai dari ekonomi, politik, corporate strategy. human resource, finance, bahkan sampai digunakan sebagai cara untuk mendidik anak. Fokus penelitian tesis ini adalah bagaimana Implementasi Strategi Pemasaran Sun-Tzu (SPS) di Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Kediri. Bagaimana Implementasi Strategi Pemasaran Sun-Tzu (SPS) dalam perspektif pemasaran syariah di Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi kasus serta tiga metode pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari Funding and Transaction Relationship Manager di Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Kediri sebagai data primer. Data primer adalah dengan cara purposive sampling (melibatkan beberapa karyawan/i untuk dimintai keterangan). Sedangkan data sekunder ialah menggunakan semua bahan bacaan, baik buku, jurnal, artikel dan sejenisnya. Peneliti menggunakan teknik deskriptif dengan membuat pemaparan data yang realistis, praktis dan modern. Analisis penelitian ini menggunakan tiga jalur yakni: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion). Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa:
1) Dari 12 strategi, secara teoritis Implementasi Strategi Pemasaran Sun-Tzu di Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Kediri hanya menggunakan 3 strategi yaitu organization of intelligence (kowledge), honor the customer (be respectful to your competitor) dan personal leadership (develop an etichal corporate culture).
2) Dalam perspektif pemasaran syariah Implemetasi Strategi Pemasaran Sun- Tzu (SPS) disebut "spiritual marketing dan Sustainable Marketing Enterprise"
Tidak tersedia versi lain