Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Problematika penilaian autentik guru Akidah Akhlak di MTs Negeri 2 Nganjuk

HENNY SUCI HERAWATI - Nama Orang;

Dalam kurikulum 2013 proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Penilaian autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Karena penilaian autentik ini dapat menggambarkan peningkatan prestasi peserta didik baik pada proses belajar maupun hasil belajar. Penilaian autentik ini menekankan pada apa yang seharusnya dinilai baik pada proses maupun hasil dengan berbagai instrumen penilaian yang disesuaikan dengan Standar Kriteria Lulusan, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Dalam kurikulum 2013 mengharuskan guru untuk menilai peserta didik secara nyata dan menyeluruh. Penilaian ini meliputi aspek sikap (Afectif), (Cognitif), dan aspek keterampilan (Psicomotor).

Penelitian yang telah dilaksanakan di MTsN 2 Nganjuk, sesuai dengan acuan penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap (spiritual dan sosial), penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Penelitian ini berupaya mengungkapkan problematika, kendala guru, dan solusi-solusi dalam menerapkan penilaian autentik. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) problematika guru Akidah Akhlak dalam menerapkan penilaian autentik. (2) kendala guru Akidah Akhlak dalam menerapkan penilaian autentik, dan (3) solusi-solusi apa untuk mengatasi problematika/kendala guru Akidah Akhlak dalam menerapkan penilaian autentik.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Adanya problematika yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam menerapkan penilaian autentik, yaitu antara lain penilaian dilakukan dalam waktu yang sama dalam proses pembelajaran. 2) Adanya kendala-kendala yang dihadapi guru Akidah Akhlak, yaitu banyaknya aspek yang dinilai sehingga guru mengalami kesulitan dalam menerapkan penilaian autentik. 3) Terdapat solusi-solusi dalam mengurangi problematika dan kendala-kendala dalam penerapan penilaian autentik, yaitu: 1) Membuat penilaian diri, penilaian antar teman, dan observasi. 2) Ketika materi selesai disampaikan, maka sebaiknya langsung praktek (seperti materi husnudzon, tasamuh, dan tawadhu). 3) Ruang lingkup penilaian dapat dikurangi. 4) Guru harus melakukan upaya yang lebih untuk menyeimbangkan keadaan siswa yang memiliki nilai kurang.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KT PAI-21 030
2171030
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KT PAI-21 030
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 70 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KT PAI-21
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
akidah akhlak
Penilaian Autentik
Problematika penilaian autentik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tesis Mhs. S2 (NIM. 92101217012)
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?