Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Implementasi integrasi kurikulum sekolah dan pesantren (studi kasus di SMA Darul Ulum 3 Unggulan Bilingual Jombang)

MOCHAMAD AS'AD WAKHIDUL KOHAR - Nama Orang;

Penelitin dengan objek objek integrasi kurikulum sekolah dan pesantren ini oleh ketidakmampuan sekolah formal untuk mencetak peserta didik yang beriman, bertakwa, dan berilmu pengetahuan. Disisi lain pendidikan di Indonesia menghadapi empat tantangan berupa globalisasi moral, etika dan budaya, krisis moral dan etika, eskalasi konflik dan stigma keter keterpurukan bangsa Solusi dari masalah ini adalah menyelenggarakan pendidikan dengan model sekolah terintegrasi dengan pesantren. Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Bilingual Jombang merupakan sekolah yang mengintegrasikan kurikulum sekolah dan kurikulum pesantren. Kurikulum sekolah dan kurikulum pesantren diintegrasikan dalam satu lembaga untuk mewujudkan insan yang beriman, bertakwa, dan berilmu pengetahuan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi integrasi kurikulum sekolah dan pesantren yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi dalam pengimplementasian integrasi kurikulum sekolah dan pesantren di Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Bilingual Jombang.

Penelitian merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Bilingual Jombang. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan kurikulum integratif sekolah dan pesantren di Sekolah Menengali Atas (SMA) Darul Ulam 3 Unggulan Jombang dilakukan dengan cara a) Mengintegrasikan tujuan kurikulum, yaitu penyamaan visi pengembangan pengetahuan umum, agama, keterampilan, dan akhlakul karimah, dan b). Mengintegrasikan pengorganisasian isa karikulum dengan penyandingan materi agama Islam dan materi-materi unum lamnya, 2) Pelaksanaan kurikulum integratif sekolah dan pesantren di esantren di Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Jombang dilakukan dengan cara a). Mengintegrasikan progam pelaksanaan kurikulum, yaitu menyatukan penggunaan kalender pendidikan dan rencana kegiatan akademik antara sekolah dan pesantren, dan b) Mengintegrasikan supervisi pelaksanaan kurikulum dengan kerjasama antara kepala sekolah dan pengurus pesantren dalam melakukan supervisi pembelajaran, 3) Evaluasi kurikulum integratif sekolah dan pesantren di Sekolah Menengah Atas (SMA) Darul Ulum 3 Unggulan Jombang dilakukan dengan cara a). Melakukan evaluasi konteks kurikulum yang bersama, yang meliputi: perkembangan sosial-budaya, perkembangan IPTEK, perkembangan dunia kerja, dan budaya pergaulan remaja, b). Melakukan evaluasi input bersama, yang meliputi: kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, kesiapan peserta didik, dan ketersediaan media/sarana belajar, c) Melakukan evaluasi proses bersama, yang meliputi: evaluasi insidentil dan evaluasi mingguan, dan d Melakukan evaluasi produk bersama, yang meliputi: evaluasi tengah tahun dan evaluasi akhir tahun, 4). Faktor-faktor pendukung meliputi lingkungan belajar dan sistem pendidikan yang terpadu dan terintegrasi dengan pondok pesantren yang memiliki progam Tahfidz Al-Qur'an sebagai salah satu progam unggulan. Adapun faktor penghambat yang menjadi kendala adalah: a). Kelemahan beberapa guru atau pendidik dalam hal kompetensi agama Islam khusunya bagi guru yang tidak berasal dari pesantren, b). Rasa bosan atau jenuh yang terkadang dialami oleh siswa yang selalu berada di lingkungan yang sama, c). Banyaknya progam pendidikan dengan waktu yang sangat padat.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KT PAI-21 024
2171024
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KT PAI-21 024
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2021
Deskripsi Fisik
xvii, 209 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KT PAI-21
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Implementasi
Integrasi Kurikulum
Sekolah dan pesantren
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tesis Mhs. S2 (NIM. 92101619016)
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?