Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Perkembangan kognitif anak berkebutuhan khusus (ABK) yang menggunakan gawai (penelitian di Rumah Autis Cahaya Harapan Kediri)

ANIKMATUL KHASANAH - Nama Orang;

Perkembangan kognitif menurut Piaget yaitu proses individu yang mengintegrasikan faktor hereditas, kematangan internal, pengalaman dan transmisi sosial. Sedangkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak dengan karakteristik yang berbeda dari anak normal tanpa menunjukkan emosi, ketidakmampuan mental atau fisik. Alasan peneliti mengambil fenomena ini dikarenakan banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gawai, sehingga dari penggunaan tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana aspek-aspek perkembangan kognitif pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang menggunakan gawai dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang menggunakan gawai.

Penelitian menggunakan teori perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi pada 4 informan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Rumah Autis Cahaya Harapan Kediri yaitu anak tunagrahita, slow learner, autis dan attention deficit hyperactive disorder (ADHD). Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara terstruktur (2) observasi (3) dokumentasi. Analisis data melalui 3 proses, yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini disampaikan bahwa pada perkembangan kognitif keempat subyek Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang menggunakan gawai di Autis Cahaya Harapan Kediri yaitu dari tiap kasus yang dialami subyek memiliki aspek perkembangan kognitif berbeda. Dari faktor perkembangan kognitif empat subyek belum bisa memenuhi faktor tersebut, yang mana hal itu ditunjukkan dari respon subyek apabila diberi perintah dan harus membutuhkan pengawasan. Perkembangan kognitif anak yang menggunakan gawai pada kasus- kasus di Rumah Autis Cahaya Harapan Kediri tidak mengalami perubahan atau bisa dikatakan mereka mengalami gangguan tidak disebabkan oleh penggunaan gawai.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri KS PSI-20 057
2013057
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PSI-20 057
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2020
Deskripsi Fisik
xi, 116 hlm.; 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PSI-20
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Perkembangan kognitif
Anak berkebutuhan khusus (ABK)
Info Detail Spesifik
A
Pernyataan Tanggungjawab
Skripsi Mhs. S1 (NIM. 933404416)
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?