Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pendekatan pola asuh ustadz pondok dalam rangka pembentukan kemandirian santri usia 8-13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya`qub Lirboyo

SYAIFUL UMAR - Nama Orang;

Penelitian dalam Tesis ini dilatar belakangi oleh eksistensi Pondok Pesantren tidak lepas dari kegiatan pola asuh yang telah dilakukan oleh pesantren kepada santrinya. Pola asuh yang dilakukan para ustadz untuk pembentukan kemandirian belajar santri tentunya berbeda beda antara pesantren yang satu dengan pesantren yang lain. Semua memiliki ciri khas dan juga program masing- masing dimana disesuaikan dengan kondisi dan tujuan dari pesantren tersebut

Fokus penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah pola asuh ustadz pondok dalam meningkatkan kemandirian belajar santri anak usia 8-13 tahun di pondok pesantren Salafiyah Haji Ya'qub Lirboyo. Adapun pertanyaan penelitian adalah: 1) Bagaimana bentuk pendekatan pola asuh para ustadz pondok dalam upaya membentuk kemandirian belajar santri usia 8 13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya'qub Lirboyo? 2) Bagaimana bentuk bentuk kemandirian belajar santri usia 8-13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya'qub Lirboyo? 3) Apa saja problem kemandirian belajar santri usia 8 13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya'qub Lirboyo? 4) Bagaimana solusi yang dilakukan para ustadz pondok untuk mengatasi problem kemandirian belajar santri usia 8-13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya'qub Lirboyo?

Jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan, dimana peneliti menggali dan mengumpulkan data dengan langsung turun ke lapangan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan metode pengumpulan data, observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, member check dan ketercukupan referensi

Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) Pendekatan pola asuh para ustadz pondok dalam upaya pembentukan kemandirian belajar santri usia 8-13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya'qub Lirboyo melalui pendekatan individu, pendekatan kelompok, pendekatan religius dan pendekatan tugas. Keempat pendekatan tersebut efisien waktu dan juga tenaga selain itu juga maksimal dalam memberikan bimbingan kepada para santri usia 8 -13 tahun walaupun keempat pendekatan tersebut bersifat konvensional. 2) Ada beberapa bentuk-bentuk kemandirian belajar santri anak usia 8-13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya qub Lirboyo, diantaranya adalah kesadaran akan tujuan belajar, kesadaran akan tanggung jawab belajar, kontinuitas belajar, keaktifan belajar dan efisiensi belajar. 3) ada beberapa problem kemandirian belajar santri usia 8 13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Ilaji Yaqub Lirboyo, antara lain disebabkan faktor internal dan faktor eksternal. 4) Ada empat solusi yang dilakukan para ustadz pondok untuk mengatasi problem kemandirian belajar santri usia 8 13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya'qub - Lirboyo, antara lain: a) Mendengarkan dan berbicara efektif, b) Membangun komunikasi aktif, c) Ganjaran dan hukuman; d) Motivasi.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi tesis) KT PAI-19 023
1971023
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KT PAI-19 023
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 170 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KT PAI-19
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Pondok pesantren
Pola Asuh
kemandirian belajar
Pendekatan
Santri usia 8-13 tahun
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tesis Mhs. S2 (NIM. 92101318018)
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?