Perpustakaan UIN Syekh Wasil Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Upaya menurunkan kecanduan gadget melalui permainan tradisional pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah `Hayya Alal Falah` Garu Baron Nganjuk

M. RIZQA FU`AD FATONI - Nama Orang;

Pada abad 21 perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau yang lebih dikenal dengan gadget sangatlah pesat. Gadget memiliki banyak sekali dampak positif dan juga dampak negatif. Dampak negatif dari gadget salah satunya adalah dapat mengakibatkan kecanduan. Madrasah Ibtidaiyah "Hayya Alal Falah" Garu Baron Nganjuk merupakan sebuah lembaga pendidikan tingkat dasar yang memiliki upaya yang tergolong unik dalam menanggulangi para peserta didiknya yang kecanduan pada gadget, yakni melalui permainan tradisional. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) sejauh mana peserta didik Madrasah Ibtidaiyah "Hayya Alal Falah"Garu Baron Nganjuk yang mengalami kecanduan pada gadget ketika sedang di rumah? 2) bagaimana pelaksanaan permainan tradisional di Madrasah Ibtidaiyah "Hayya Alal Falah" Garu Baron Nganjuk? 3) adakah dampak permainan tradisional terhadap penurunan kecanduan gadget yang dialami para peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah "Hayya Alal Falah" Garu Baron Nganjuk?

Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti pendekatan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif-deskriptif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tiga metode dalam memperoleh data, yakni: pengamatan berperan serta, wawancara mendalam, dan juga dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan bahan referensi.

Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan adalah: 1) para peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah "Hayya Alal Falah" Garu Baron Nganjuk yang mengalami kecanduan pada gadget ketika di rumah hampir 80%; 2) pelaksanaan permainan tradisional di Madrasah Ibtidaiyah "Hayya Alal Falah" adalah pada program "Sabtu Ceria" tepatnya pada sabtu keempat setiap bulan. Di madrasah ini terdapat 4 macam permainan tradisional yakni: engkle, gobak sodor, dakon, bentengan; 3) Dampak permainan tradisional terhadap penurunan kecanduan gadger para peserta didik adalah dengannya para peserta didik akan dibuat asyik sehingga membuat sedikit demi sedikit melupakan gadgetnya, kegembiraan dari para peserta didik terlihat lebih nyata, manfaatnya sangat dirasakan secara jelas sehingga membuat para peserta didik lebih tertarik memainkannya daripada memainkan gadgetnya.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi skripsi) KS PAI-20 018
2021018
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-20 018
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 105 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-20
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Gadget
Kecanduan
Permainan tradisional
Info Detail Spesifik
A-
Pernyataan Tanggungjawab
Skripsi Mhs. S1 (NIM. 932130716)
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan UIN Syekh Wasil Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?