Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan metode at-tartil dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur`an di TPQ Nurul Hidayah Barjarwungu Tarik Sidoarjo

RACHMAH MEDARI - Nama Orang;

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena ada satu metode membaca al- Qur'an yang sangat terstruktur pembelajrannya dan di terapkan di TPQ Nurul Hidayah. Metode at-Tartil juga dianggap sebagai metode yang mampu membarikan solusi bagi murid yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur'an karena di dalam metode tersebut sudah di siapkan kelas-kelas khusus untuk menagnaninya. Fokus penelitian ini: 1.Bagaimana pelaksanaan metode at-Tartil di TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo? 2. Faktor apa yang menyebabkan kesulitan membaca al-Qur'an di TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo? 3. Bagaimana cara mengatasi kesulitan membaca al-Qur'an di TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo?

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan Dokumentasi data-data penelitian mulai dari foto kegiatan penelitian dan hasil dari pedoman wawancara bersama Kepala TPQ, Guru, Murid dan Masyarakat sekitar TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo. Teknik analisa menggunakan pengumpulan data, pengelolaan data, mendeskripsikan dan yang terakhir adalah penyimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. pelaksanaan metode at-tartil di TPQ Nurul Hidayah di awali dengan metode Klasikal yaitu murid dijadikan satu untuk membaca do'a kemudian melanjutkan metode kelompok, yaitu murid masuk keruang kelas sesuai dengan kemampuan membacanya. 2. Faktor yang menyebabkan kesulitan membaca al-Qur'an adalah murid yang tidak mengeluarkan suaranya dengan maksimal dan murid memiliki daya ingat yang lemah. 3. Untuk mengatasi kesulitan membaca al-Qur'an TPQ Nurul Hidayah sudah menerapkan 2 kelas khusus yaitu, kelas privat dan kelas Khusus.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi skripsi) KS PAI-20 014
2021014
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PAI-20 014
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 74 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KS PAI-20
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Metode At-Tartil
Kesulitan membaca al-Qur`an
Info Detail Spesifik
A-
Pernyataan Tanggungjawab
Skripsi Mhs. S1 (NIM. 932120316)
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?