Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penanaman akhlak melalui pendidikan holistik di SDN Kalirong 2

Siti Nur Khoridah - Nama Orang;

Kemrosotan moral banyak terjadi pada diri anak-anak Hal itu karena secara internal, kondisi psikologis anak-anak yang masih labil dan "asupan pengetahuan mengenai moral yang kurang menyebabkan anak-anak mudah dipengaruhi lingkungan yang negatif. Begitu pula pengalaman-pengalaman menyenangkan yang didapat dari hubungan dengan teman sebaya semakin menumbuhkan minat anak untuk memperluas lingkungan pergaulannya. Khususnya pada anak anak yang duduk di jenjang sekolah dasar. Kegiatan interaksi ini mewajibkan seorang anak untuk mengerti dan memahami "unggah ungguh kesopanan yang ada pada lingkungannya. Kenyataanya, banyak anak yang kurang mampu berakhlakul karimah terhadap orang lain. Untuk menghadapi dekadansi moral tersebut, SDN Kalirong 2 menerapkan program pendidikan holistik yang dirasa akan mampu menghadapi kemrosotan moral yang semakin merajalela. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penanaman akhlak siswa kepada Allah SWT melalui pendidikan holistik di SDN Kalirong II, untuk mendeskripsikan proses penanaman akhlak siswa kepada manusia melalui pendidikan holistik di SDN Kalirong II dan untuk mendeskripsikan proses penanaman akhlak siswa kepada Allah SWT melalui pendidikan holistik di SDN Kalirong 11

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif, dengan langkah-langkah sebagai berikut pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data.

Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Proses penanaman akhlak siswa kepada Allah melalui pendidikan holistik di SDN Kalirong II yaitu tahap pertama belajar untuk belajar (Learning to Learn) yang dilaksanakan melalui integrasi pembelajaran tematis, tahap kedua belajar untuk melakukan (Learning to Do) yang dilaksanakan melalui pembiasaandiantaranya yaitu pembacaan kalimah tahlil dan pembacaan surat pendek, pembiasaan Sholat Dhuha dan sholat Dhuhur berjamaah, infaq setiap hari Jum'at, tahap ketiga belajar dalam kehidupan sosial. (Learning to Leave Together) yang dilaksanakan melalui keteladanan antara lain ikut sholat berjamaah dengan datang lebih awal, tahap keempat belajar untuk menjadi sesuatu (learning to be) pelaksanaannya melalui kegiatan ekstrakurikuler antara lain program mengaji dengan metode sorogan, seni badrab, dan kepramukaan, tahap kelima adanya pemberian reward and punishment. 2) Proses penanaman akhlak siswa kepada manusia melalui pendidikan holistik di SDN Kalirong II yaitu tahap pertama belajar untuk belajar (Learning to Learn) yang dilaksanakan melalui integrasi pembelajaran tematis, tahap kedua melalui simulasi bermain peran, tahap ketiga belajar untuk melakukan (Learning to Do) yang dilaksanakan melalui pembiasaan diantaranya yaitu pembiasaan "salim", infaq setiap hari Jum'at, pembiasaan cek gigi dan senam pagi, pembiasaan menjadi pemimpin saat berdoa dan menjadi imam sholat Duha, tahap keempat belajar dalam kehidupan sosial. (Learning to Leave Together) yang dilaksanakan melalui keteladanan, tahap kelima belajar untuk menjadi sesuatu (learning to be) pelaksanaannya melalaui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan, tahap keenam adanya pemberian reward and punishment. 3) Proses penanaman akhlak siswa kepada lingkungan melalui pendidikan holistik di SDN Kalirong II melalui pembiasaan kegiatan jumat bersih dan melakukan penilaian untuk mengetahui keberhasilan program yang telah dilaksanakan dengan melalui teknik penilaian observasi.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi tesis) KT PAI-19 014
1971014
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KT PAI-19 014
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2019
Deskripsi Fisik
xiii, 143 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KT PAI-19
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Penanaman akhlak
Pendidikan holistik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tesis Mhs. S2 (NIM: 92101117015)
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?