Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Implementasi kurikulum mu`adalah di madrasah aliyah Darussalamah pondok pesantren Darussalam Sumbersari Kencong Kabupaten Kediri

MOHAMAD SOFI - Nama Orang;

Pondok Pesantren Darussalam merupakan salah satu pondok pesantren yang menerapkan kurikulum mu'adalah melalui Satuan Pendidikan Mu'adalah (SPM) Madrasah Aliyah Darussalamah. Kebijakan pemerintah terkait mu'adalah merupakan pengakuan (recognition) serta bentuk perhatian terhadap pendidikan pesantren. Artinya pendidikan di pesantren mendapat pengakuan dari pemerintah serta menyetarakannya dengan pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menjelaskan proses pelaksanaan kurikulum mu'adalah di Madrasah Aliyah Darussalamah. 2) Mengetahui dampak kurikulum mu'adalah terhadap mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Darussalamah. 3) Mengetahui struktur kurikulum di Madrasah Aliyah Darussalamah. 4) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kurikulum mu'adalah di Madrasah Aliyah Darussalamah.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian study kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkaan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan interactive model meliputi: Reduksi data (Data Reduction). Penyajian data ( Display Data) Penarikan kesimpulan (Verifikasi). Untuk metode pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, metode dan teori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan kurikulum mu'adalah di Madrasah Aliyah Darussalamah Pondok Pesantren Darussalam, dapat dilihat melalui komponen-komponen kurikulum. Tujuan pendidikan di lembaga pendidikan ini sudah mempertimbangkan keseimbangan antara ilmu Agama dan ilmu non keagamaan. Untuk metode pembelajaran, menggunakan metode khas pesantren yaitu metode sorogan, bandongan, wetonan. Disamping itu juga menggunakan metode musyawarah, bahthul masäil, muhawarah, takror. muhafadhah, dan safari ramadhan. Sedangkan untuk evaluasi yang digunakan untuk menilai capaian siswa menggunakan teknik penilaian tes dan non tes Teknik tes menggunakan tes tulis melalui UTS (Ujian Tengah Semeseter), UAS (Ujian Akhir Semester), dan UAM (Ujian Akhir Madrasah). Sedangkan untuk non tes menggunakan teknik observasi berdasarkan keaktifan dan partisispais siswa dalam proses pembelajaran baik didalam kelas maupun dilingkungan pondok pesantren.
2) Penerapan kurikulum mu'adalah berimplikasi terhadap: a) kurikulum madrasy di Madrasah Alisah Aliyah Darussalamah. b) Mutu tenaga pendidik dan tenaga kependididikan. c) layanan pembelajaran berupa kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, d) fasilitas belajar (sarana prasarana). 3) Struktur kurikulum di SPM Madrasah Aliyah Darussalamah dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu mata pelajaran keagamaan dan mata pelajaran non keagamaan. Mata pelajaran keagamaan berdasarkan kebijakan otonomi pondok pesantren. Mata pelajaran keagamaan berisi kajian kitab kuning ciri khas Pondok Pesantren Darussalam. Sedangkan mata pelajaran non keagamaan meliputi PPKn Bahasa Indonesia, IPS dan Bahasa inggris. Ditinjau dari struktur kurikulum tersebut dapat disimpulkan bahwa organisasi kurikulum di SPM Madrasah Aliyah Darussalamah menggunakan model correlated curriculion. Sedangkan mata pelajaran Didaktik Metodik, Ekonomi, Ke-Nu-an dan Ke-ASWAJA-an merupakan mata pelajaran hasil dari pengembangan kurikulum. 4) Faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi, a) legalitas program mu'adalah yang berdasarkan PMA Mu'adalah No. 18 tahun 2014, b) Kebijakan Pengasuh dan Pengurus Pondok Pesantren Darussalam dalam menerapakan kurikulum mu'adalah di madrasah Aliyah Darussalamah. e) Mua'kid dari KH. Ahmad Zainuri selaku pengasuh Pondok Pesantren Darussalam untuk para santri supaya melanjutkan pendidikan sampai tingkat sarjana. d) Merespon Perubahan zaman dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang Sedangkan penghambat implementasi kurikulum mu adalah di SPM Madrasah Aliyah Darussalamah, yaitu: a) Belum sempurnanya payung hukum program mu adalah, b) Kualitas dan kuantitas SDM, baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan perlu ditingkatkan dan diperhatikan, c) Sarana prasarana masih belum optimal, d) Sumber dana pendidikan yang masih terbatas. e) Ijazah mu adalah belum diakui sepenuhnyaa oleh Perguruan Tinggi, khususnya perguruan Tinggi Negeri.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi tesis) KT PAI-19 011
1971011
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KT PAI-19 011
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2019
Deskripsi Fisik
xiv, 122 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KT PAI-19
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Kurikulum
Pondok pesantren
Mu`adalah
Struktur kurikulum
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tesis Mhs. S2 (NIM: 92101217019)
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?