Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), self efficacy dan self regulated learning terhadap kemampuan menghafal Al-Quran siswa kelas tahfidz di MTs. Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kabupaten Kediri

Roisatul Mustaqimah - Nama Orang;

Akhir-akhir ini program tahfidz Al-Qur'an banyak diselenggarakan di sekolah-sekolah maupun madrasah. Harapannya, melalui proses menghafal Al Qur'an akan mampu membentuk kepribadian Qur'ani pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikimya serta mampu menguatkan akidah dan mengokohkan iman. Salah satu lembaga/madrasah yang menyelenggarakan program kelas Tahfidz Al-Qur'an sebagai program unggulan adalah MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare. Target minimal hafalan yang harus dicapai siswa adalah 6 juz namun pada prakteknya 65 % siswa bisa melampaui standar 6 juz pada akhir kelas 9. Ketercapaian hafalan yang mampu melebihi target madrasah ini kemudian mendorong penulis untuk melakukan penelitian di tempat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh IQ, Self Efficacy dan Self Regulated Learning (variabel intervening) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian analisis jalur (path analysis). Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas 8B dan 9B sejumlah 58 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes tulis, tes lisan dan dokumentasi. Seluruh analisis yang dilakukan memanfaatkan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) Version 21.0

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan hipotesis yang peneliti ajukan, hanya dua hipotesis yang menunjukkan pengaruh signifikan. Sisanya sebanyak enam hipotesis menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan. Dua hipotesis yang menunjukkan pengaruh signifikan yaitu Self efficacy terhadap Self Regulated Learning sebesar 55,7 % dan Self Efficacy terhadap kemampuan menghafal Al-Qur'an sebesar 29,6 %. Adapun hipotesis yang menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan yaitu kecerdasan intelektual (1Q) terhadap self efficacy, kecerdasan intelektual (IQ) terhadap self regulated learning, kecerdasan intelektual (IQ) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur'an, Self Regulated Learning terhadap kemampuan menghafal Al-Qur'an, IQ dan self efficacy terhadap kemampuan menghafal Al-Qur'an melalui self regulated learning (variabel intervening).


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi tesis) KT PAI-18 010
1871010
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KT PAI-18 010
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 128 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KT PAI-18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Penelitian (Tesis)
Subjek
Self Efficacy
kecerdasan intelektual (IQ)
Self regulated learning
Kemampuan menghafal Al-Quran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Mahasiswa S2 (92101016022)
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?