Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pendidikan life skill sebagai upaya menciptakan kemandirian santri di Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang

ARIF RAHMAN HAKIM - Nama Orang;

Pendidikan kecakapan hidup (life skill education) merupakan sebagai bentuk antisipasi pondok pesantren dalam mengahadapi problema kehidupan di masyarakat nanti. Melalui pendidikan life skill diharapkan dapat menghasilkan santri yang berkualitas dan bertanggung jawab serta mampu mengatasi masa depan. Pondok Pesantren al Urwatul Wutsqo mempunyai progam life skill, oleh karena itu peneliti mengali tentang: Bagaimana perencanaan, tujuan, pelaksanaan dan evaluasi life skill di Pondok Pesantren al Urwatul Wutsqo Jombang?.

Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengunakan beberapa teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian: pertama, perencanaan pendidikan life skill yaitu

penentukan progam life skill, penangung jawab unit (kordinator). penentuan bidang life skill, dan penyusunan buku laporan. Kedua, tujuan life skill: membina santri berkepribadian (menghadapi semua keadaan zaman dengan azaz keagamaan), memiliki jiwa kepemimpinan, keberanian menghadapi hidup masa depan. Ketiga, pelaksanaan progam life skill dilakukan secara terjadwal, metode yang digunakan adalah musyawaroh, pemberian tugas, demontrasi, memberi nasehat yang baik, memberikan cerita-cerita tentang orang-orang sukses dan mandiri. Dengan harapan santri memiliki sikap mandiri secara emosional dalam pemenuhan kebutuhan dasar tidak boleh bergantung kepada orang tua, memiliki sikap mandiri dalam perilaku untuk berbuat atau bertindak sendiri tanpa tergantung pada bimbingan orang lain. tetapi tidak melanggar ketentuan Allah. Sedangkan pengembangan life skill terdiri dari aspek sosial skill, aspek akademik skill, dan aspek vokasional skill, semua kegiatan di evaluasi melalui evaluasi lisan atau langsung (evaluasi lisan ini, pengasuh bukan hanya menilai dari segi ketercapaian tujuan dari kegiatan life skill saja, akan tetapi juga menilai keikhlasan dari santri dalam menjalankan pendidikan life skill), laporan secara berkala oleh kepala unit, penyetoran buku kegiatan life skill dan peninjauan langsung kegiatan life skill santri, dengan tujuan mengukur apakah tujuan dari progam life skill tercapai.

Berdasarkan kesimpulan dari temuan penelitian yang telah dianalisa dan didialogkan dengan kajian teori, disarankan kepada: pertama, KEMENAG agar memberikan pelatihan-pelatihan terhadap lembaga pendidikan yang dibawah naungannya, agar dapat mengembangkan pendidikan life skill sebagai bekal peserta didik untuk hidup bermasyarakat, kedua, Ustazd-ustadzah ponpes agar supaya lebih kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran life skill untuk menciptakan santri yang mandiri, ketiga, evaluasi pendidikan life skill lebih ditingkatkan lagi sistem penilaianya, bisa mengunakan isntrumen yang tertata rapi mengenai indikator keberhasilan life skill dalam menciptakan kemandirian santri.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi tesis) KT PAI-18 006
1871006
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KT PAI-18 006
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2018
Deskripsi Fisik
ix, 103 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
KT PAI-18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Penelitian (Tesis)
Subjek
Kemandirian Santri
Pendidikan Life Skill
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Mahasiswa S2 (92100412012)
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?