Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Interaksi sosial anak autis di pendidikan khusus autis ``Cahaya Harapan`` Kota Kediri

ANDINY ROMI JAYANTI - Nama Orang;

Salah satu tugas perkembangan pada masa kanak-kanak adalah interaksi sosial. Sayangnya, tidak semua anak bisa tumbuh dengan normal, beberapa anak memiliki gangguan pada perkembangan, salah satu gangguan itu adalah autis. Masalah yang umum terlihat pada anak autis adalah kesulitan melakukan interaksi sosial. Adapun lembaga pendidikan yang memberikan pelayanan terapi pada anak dengan gangguan autis adalah Pendidikan Khusus Autis "Cahaya Harapan" yang berlokasi di Mrican, Kota Kediri, yang cukup dikenal oleh masyarakat Kediri sebagai tempat terapi yang melatih kemampuan kognitif, motorik, afektif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana bentuk interaksi sosial pada anak autis dan faktor apa saja yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak autis.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan secara naratif. Penggumpulan data menggunakan metode wawancara semi terstruktur dan observasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pendidikan Khusus Autis "Cahaya Harapan" Kota Kediri, beralamat di Jalan Dworowati No.59, Dermo, Kec. Mojoroto, Kota Kediri. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 anak autis berusia 7-9 tahun. Data primer penelitian ini adalah hasil wawancara dan observasi, sedangkan data sekundemnya adalah dokumentasi, jurnal dan buku. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap pra-lapangan, analisis lapangan, kemudian mereduksi data untuk penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan agar diperoleh data yang valid dan reliabel.

Hasil penelitian menunjukkan bentuk interaksi sosial pada anak autis di Pendidikan Khusus Autis "Cahaya Harapan" Kota Kediri adalah bentuk perilaku persaingan. Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak autis adalah faktor imitasi dan simpati. Anak autis mampu mengimitasi perilaku yang sering ia lihat baik di rumah maupun di tempat terapi. Demikian pula, anak autis mampu menunjukkan rasa simpati apabila dimarahi oleh orang tuanya dengan cara menangis.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi skripsi) KS PSI-20 039
2013039
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PSI-20 039
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 99 hlm., cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
933400813
Klasifikasi
KS PSI-20
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet.. 1
Subjek
Interaksi sosial
anak autis
Info Detail Spesifik
A-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?