Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Hubungan antara kematangan emosi dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Dharma Wanita I Pare

RIZAL ADIKERANA - Nama Orang;

Penerimaan teman sebaya merupakan hal yang penting bagi remaja. Bagi mereka, penerimaan teman sebaya merupakan kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan itu, remaja harus mampu menyesuaikan diri dengan kelompok teman sebaya mereka. Dalam konteks ini, kematangan emosi dibutuhkan oleh remaja agar remaja dapat diterima, tidak berperilaku impulsif yang dapat mengakibatkan penolakan oleh teman sebaya.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat kematangan emosi siswa kelas X di SMA Dharma Wanita Pare. (2) Mengetahui tingkat penerimaan teman sebaya siswa kelas X di SMA Dharma Wanita Pare. (3) Mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Dharma Wanita Pare.

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penilitian ini berupa angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 57 orang yang merupakan siswa kelas X di SMA Dharma Wanita 1 Pare. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi Pearson Product Moment.

Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kematangan emosi pada siswa kelas X di SMA Dharma Wanita 1 Pare sebesar 73,7% yang berarti kematangan emosi siswa tergolong sedang. (2) Tingkat penerimaan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Dharma Wanita 1 Pare sebesar 71,9% yang berarti penerimaan teman sebaya siswa tergolong sedang. (3) Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa nilai Thitung sebesar 0,402 maka terdapat hubungan positif antara kematangan emosi dengan penerimaan teman sebaya, dimana semakin tinggi kematangan emosi maka semakin tinggi penerimaan teman sebaya. Nilai signifikannya adalah 0,002 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kematangan emosi dengan penerimaan teman sebaya. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kematangan emosi dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Dharma Wanita 11 Pare.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi skripsi) KS PSI-20 026
2013026
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PSI-20 026
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2020
Deskripsi Fisik
xiv, 75 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
933401615
Klasifikasi
KS PSI-20
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Kematangan emosi
Penerimaan teman sebaya
Info Detail Spesifik
A
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?