Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Efektivitas metode Picture and Practice untuk meningkatkan kemampuan membaca anak tunagrahita ringan di sekolah luar biasa `Nurul Ikhsan` Ngadiluwih Kabupaten Kediri

DYA ANANDA NOVI - Nama Orang;

Semua anak terlahir dengan kemampuan yang berbeda-beda sehingga setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda, baik berbeda dalam bidang akademik maupun non akademik. Beberapa anak kadang terlahir tidak sempurna sehingga mereka memerlukan perhatian dan pengawasan yang khusus, mereka memiliki hak yang sama juga terhadap bidang pendidikan. Salah satu anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan retardasi mental atau sering juga disebut dengan tunagrahita, anak tunagrahita adalah anak yang memiliki kemampuan intelektual di bawah rata-rata dengan IQ 50-69, ditandai dengan keterbatasan intelegensi dan ketidakcakapan dalam interaksi sosial. Proses membaca bagi anak tunagrahita melibatkan proses kognitif yang meliputi kemampuan mengingat, kemampuan berpikir, serta kemampuan bernalar Metode yang diterapkan untuk anak tunagrahita ringan di SLB "Nurul Ikhsan" Ngadiluwih adalah metode pembelajaran picture and picture karena dianggap paling tepat dengan subjek yang akan diteliti.

Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dan menggunakan design single case design Intervensi diterapkan selama 16 hari dengan 3 fase, yaitu fase baseline (A1) keadaan awal 3 hari, intervensi atau perlakuan 10 hari, dan baseline (A2) atau penarikan intervensi 3 hari pada 2 subjek penelitian (TMR dan DMR).

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada fase baseline (Al) yang dilakukan selama 3 hari, subjek TMR mendapatkan skor hari pertama 2, hari kedua 2, dan hari ketiga juga 2, dari 10 kartu bertuliskan kata dengan mean 0,6 atau 6%. Sedangkan pada fase baseline (A2) yang juga dilakukan selama 3 hari, subjek TMR mendapatkan skor hari pertama 3, hari kedua 5, dan hari ketiga 5. dari 10 kartu bertuliskan kata dengan mean 1,3 atau 13% TMR mengalami peningkatan kemampuan membaca sebesar 7%. Sedangkan subjek DMR, pada fase baseline (AI) yang dilakukan selama 3 hari, subjek DMR mendapatkan skor hari pertama 2, han kedua 2, dan hari ketiga 1, dari 10 kartu bertuliskan kata dengan mean 0,5 atau 5%. Sedangkan pada fase baseline (A2) yang juga dilakukan selama 3 hari, subjek DMR mendapatkan skor hari pertama 4, hari kedua 4, dan hari ketiga 6, dari 10 kartu bertuliskan kata dengan mean 1,4 atau 14% DMR mengalami peningkatan kemampuan membaca sebesar 9%. Maka dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran picture and picture efektif untuk peningkatan kemampuan membaca anak tunagrahita ringan kelas V SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi skripsi) KS PSI-20 024
2013024
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PSI-20 024
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2020
Deskripsi Fisik
xvi, 76 hlm., 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
933417216
Klasifikasi
KS PSI-20
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Membaca
anak tunagrahita ringan
Metode Picture and Practice
Info Detail Spesifik
A-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?