Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Prophetic character building : tema pokok pendidikan akhlak menurut al-Ghazali
Penanda Bagikan

Text

Prophetic character building : tema pokok pendidikan akhlak menurut al-Ghazali

Akhmad Sodiq, 1971- - Nama Orang;

Al-Ghazali (1058-1111) membagi proses transformasi rohani dalam prophetic character building ke dalam tiga level mubtadi, seorang murid harus melakukan tazkiyah al-nafs melalui mujahadah dan riyadah. Level mutawassith, salik harus menyibukkan diri dengan zikir, khalwah, dan bersabar diri dalam menempuh maqamat –ahwal. Adapun pada level muntahi, ia telah memasukigerbang kewalian. Di level ini, mutashawwif yang telah bersih dari sifat buruk dan dipenuhi sifat baik ini tinggal menunggu madzaqat dalam bentuk inkisyaf, ma’rifah dan wusul yang menjadi akhor cpaian rohani sufi, yakni saat ia tenggelam dalam ketunggalan murni (al-fardaniyah al-mahdah). Pemikiran al-Ghazali tentang mujahadah –riyadah tampak sangat lengkap dan sekaligus dapat menjadi jawaban atas berbagai pertanyaan mendasar dalam character building. Penjelasan tentang hakikat manusia dan daya-daya rohani, misalnya, akan memberikan gambaran yang jelas tentang objek formal – material dalam kajian character building, pendidikan akhlak khususnya dan kajian tentang manusia pada umumnya. Model internalisasi nilai yang ditawarkan al-Ghazali tampak sangat beragam dan substantif, seperti : dengan cara tazkiyat al-nafs, mujahadah-riyadah, zikir, dan muqamat-ahwal. Hal yang terasa sangat kaya dibandingkan teori character building barat yang hanya mengandalkan pembiasan semata. Pada akhir tulisan ini, pemikiran al-Ghazali akan direformulasikan menjadi konsep praktis yang dapat digunakan dalam pendidikan. Khususnya hal-hal yang berkaitan dengan prinsip dasar mujahadah dan riyadah, model tes intensitas bisikan batin, skala sikap, serta core kurikulum pendidikan akhlak.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Koleksi Tandon) 2X5.1 AKH p
1901432
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Koleksi Umum) 2X5.1 AKH p
1901433
Tersedia
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Koleksi Umum) 2X5.1 AKH p
1901434
Tersedia
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Koleksi Umum) 2X5.1 AKH p
1901435
Tersedia
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Koleksi Umum) 2X5.1 AKH p
1901436
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X5.1 AKH p
Penerbit
Jakarta : Kencana., 2018
Deskripsi Fisik
x, 239 hlm., ilus., bibl. ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024222925
Klasifikasi
2X5.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subjek
Akhlak
Islam - Pendidikan Karakter
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Akhmad Sodiq, M.A.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?