Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pola asuh pengganti ibu terhadap perkembangan moral pada masa kanak-kanak akhir (studi kasus di Dusun Watularang Desa Suru Nganjuk Jawa Timur)

SITI FAIDATUS SHOLEHA - Nama Orang;

Sudah menjadi tugas orangtua mengasuh anaknya dengan penuh kasih sayang dan memberikan pendidikan tentang nilai-nilai kehidupan, agama maupun sosial budaya yang akan menjadi faktor yang kondusif untuk mempersiapkan anak menjadi pribadi dan anggota masyarakat yang sehat. Maka tidaklah aneh bahwa dalam ajaran agama Islam sangat memperhatikan pendidikan anak terlebih dari aspek moral, serta mengeluarkan petunjuk yang sangat berharga untuk memberikan pola asuh yang sesuai dengan perkembangan anak. Hal tersebut akan berbeda ketika tugas mendidik anak dilakukan oleh pengganti ibu dan bukan oleh ibu kandungnya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh pengganti ibu dalam mengembangkan moral anak dan faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan moral pada masa kanak-kanak akhir.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima keluarga dengan kriteria yakni: anak yang diasuh oleh pengganti ibu dan anak yang diasuh masih dalam usia masa kanak-kanak akhir. Prosedur pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data kemudian data disajikan dan terakhir dilakukan analisis data secara terus menerus.

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat empat tipe pola asuh yang diterapkan, yakni pola asuh demokratis, otoriter, permisif, dan penelantar. Dari segi pendidikan Islam pendekatan yang mendominasi pengganti ibu dalam. mengembangan akhlak anak adalah dengan pendekatan nasihat, pendekatan keteladanan, pendekatan adat istiadat, dan pendekatan perhatian. Sedangkan faktor yang mendominasi dapat mempengaruhi perkembangan moral pada masa kanak-kanak akhir adalah faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan teman sebaya.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi skripsi) KS PSI-19 052
1913052
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PSI-19 052
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2019
Deskripsi Fisik
xiii, 87 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
933412814
Klasifikasi
KS PSI-19
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Perkembangan Moral
Pola Asuh
Info Detail Spesifik
A-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?