Perpustakaan IAIN Kediri

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Login Staf
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Kematangan sosial pada anak tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kediri

PUPUT NURHIDAYATI - Nama Orang;

SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih merupakan SLB yang memiliki program bina diri dan menggunakan program IEP (Individual Education Programe) untuk mengukur kematangan sosial siswanya utamanya untuk anak Tunagrahita atau anak retardasi mental. Kematangan sosial merupakan kemampuan individu dalam mengurus, merawat dan menolong diri yang sesuai dengan usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penilaian perkembangan kematangan sosial pada anak tungrahita di SLB Nurul Ikhsan dan gambaran aspek-aspek kematangan sosial dari anak tunagrahita tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus: Data yang diperolah melalui tes VSMS, wawancara, observasi dan dokumentasi dengan jumlah informan enam yaitu orang tua dari anak tunagrahita, Penelitian ini menggunakan tes VSMS dan aspek kematangan sosial. yang dikemukakan oleh Doll, Metode analisis data menggunakan metode Miles dan Hiberman, dimana ada tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih ini mengggunakan metode IEP yang dibuat oleh wali kelas berdasarkan kurikulum dan kemampuan siswanya.Dilaksanakan dua kali dalam seminggu, evaluasi keberhasilan dan kendala program dalam tiga bulan sekali, serta penyerahan hasil kepada wali murid setiap penerimaan raport. Dari keenam anak belum ada yang bisa mencapai kematangan sosial yang setara dengan usianya, aspek SHG yang mendapatkan skor terendah hanya satu anak, aspek SHE sebanyak tiga anak, aspek SHD sebanyak satu anak, aspek L sebanyak satu anak, aspek O sebanyak dua anak, aspek C sebanyak dua anak, aspek SD sebanyak dua anak, dan aspek S sebanyak satu anak. Data tersebut menunjukan bahwa siswa Tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih ini memiliki nilai yang rendah dalam aspek SHE atau kemampuan saat makan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Kediri (Rak koleksi skripsi) KS PSI-20 016
2013016
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KS PSI-20 016
Penerbit
Kediri : IAIN Kediri., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 148 hlm., 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
933401515
Klasifikasi
KS PSI-20
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, cet. 1
Subjek
Anak Tunagrahita
Kematangan sosial
Sekolah Luar Biasa
Info Detail Spesifik
A
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAIN Kediri
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?